Latest News

Khasiat Alpukat Bagi Kesehatan

Khasiat alpukat bagi kesehatan dan juga kecantikan memang sudah tidak asing lagi. Siapa yang tidak kenal alpukat? Buahnya yang sangat enak bila dijadikan jus, memang memiliki khasiat yang luar biasa baik bagi kesehatan ataupun kecantikan. Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan nutrisi. Bahkan, buah alpukat ini memiliki kandungan kalium yang lebih banyak dibandingkan dengan buah pisang. Dan ternyata, khasiat alpukat tidak hanya terletak pada buahnya saja, akan tetapi biji, dan daun alpukat juga mempunyai khasiatnya masing - masing.

    Berikut ini khasiat alpukat dari daunnya, adalah :

1. Untuk mengobati penyakit batu ginjal, cara penggunaannya adalah : siapkan 7 lembar daun alpukat, lalu diseduh dengan 100 ml air panas, minumlah sebanyak 2 kali sehari tiap pagi dan sore hingga batu ginjal keluar.

2. Untuk mengobati sakit perut, caranya adalah : ambil 5 gram daun alpukat segar, dicampurkan dengan 5 gram akar temu kelinci, 6 gram rimpang kunyit segar, dan daun pegagan segar sebanyak 6 gram, rebus hingga mendidih dengan air sebanyak 115ml, setelah itu dinginkan, minumlah air rebusan sebanyak sekali dalam satu hari.

3. Mengobati sakit Pinggang, cara pembuatan ramuannya adalah ambil 5 helai daun alpukat, kemudian tambahkan air 2 gelas lalu rebus hingga airnya tinggal segelas, setelah itu diamkan air rebusan daun alpukat selama 1 malam keesokan harinya baru diminum. Lakukan cara pengobatan ini selama 1 minggu

4. Mengobati hipertensi dengan daun  alpukat, dengan cara : ambil 3 helai daun alpukat, cuci bersih, lalu seduh dengan segelas air pan, setelah itu dinginkan lalu minum, lakukan tiap satu kali sehari.

    Adapun khasiat alpukat dari buahnya untuk kesehatan, adalah :

1.Mencegah resiko penyakit stroke.
Kandungan asam folat yang terdapat dalam buah alpukat dapat mencegah resiko penyakit stroke. Caranya cukup dengan makan satu buah alpukat dalam sehari secara rutin.

2.Menangkal radikal bebas.
Kandungan vitamin dalam alpukat, seperti Vitamin E dan C ataupun flavonoid dapat radikal bebas. Sedangkan radikal bebas adalah penyebab utama timbulnya penyakt kanker. Untuk mencegah penyakit kanker, anda bisa mengkonsumsinya setiap hari.

3.Menjaga kesehatan mata
Kandungan vitamin A dalam buah alpukat berperan dalam melindungi mata dari degenerasi katarak.

4.Menjaga kesehatan jantung.
Kandungan asam folat yang tinggi akan menjaga kesehatan jantung. Satu gelas alpukat mengandung sekitar 23% dari total asam folat yang dibutuhkan tubuh.

5.Penyembuh Sakit Maag
Jika sering mengeluh sakit maag ringan, anda bisa konsumsi sari biji buah alpukat. Karena buah ini bisa mengobati penyakit maag yang menyerang anda.

6.Mencegah kanker prostat.
Senyawa yang terkandung dalam buah alpukat dapat mencari sel kanker yang baru timbul dan kemudian menghancurkannya tanpa merusak sel-sel kesehatan lainnya.

7.Membantu menurunkan kolesterol.
Kandungan beta-sitosterol yang cukup tinggi, senyawa ini telah terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol.


    Khasiat biji alpukat bagi kesehatan adalah sebagai berikut :

1.Untuk mengobati sakit gigi.
2.Untuk mengobati sakit maag.
3.Dapat mengobati penyakit kencing manis (diabetes) terutama diabetes mellitus.
4.Sebagai obat sariawan.
5.Mampu menghilangkan rasa nyeri
Khasiat biji alpukat bisa dikonsumsi dengan cara merebus biji alpukat tersebut.

    Alpukat sudah terbukti sangat berkhasiat dan bermanfaat bagi kesehatan kita, kan? Jadi, bagi anda yang belum mengetahui khasiat alpukat. Silahkan dicoba tips di  atas ya!