Latest News

Pengertian Bahasa Indonesia Menurut Para Ahli

Bahasa apa yang kita gunakan sebagai warga negara Indonesia? Bahasa yang kita gunakan sehari-hari untuk bekerja, berbicara, dan melakukan kegiatan apapun yang berhubungan dengan orang lain? Jawabannya jelas bahasa Indonesia. Jika anda ditanya tentang pengertian bahasa Indonesia, dapatkah anda menjelaskannya? Bagaimana juga pengertian bahasa Indonesia menurut para ahli nya? Mari kita bahas di penulisan kali ini!

Artikel kali ini dibuat dengan judul pengertian bahasa Indonesia menurut para ahli. Apa saja pendapat ahli mengenai arti dari bahasa Indonesia? Berikut adalah beberapa pengertian bahasa Indonesia menurut para ahli ;


  • Wibowo, mendefinisikan bahasa sebagai system simbol bunyi yang bermakna dan berartikulasi yang bersifat arbitrer dan konvensional, yang dipakai sebagai alat berkomunikasi oleh sekelompok manusia untuk melahirkan perasaan dan pikiran
  • Santoso, mendefiniisikan bahasa sebagai rangkaian bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia secara sadar
  • Tarigan, mendefinisikan bahasa sebagai suatu system yang sistemais untuk system generative
Dalam pengertiannya, bahasa Indonesia memiliki beberapa fungsi, fungsi tersebut akan dijabarkan di pembahasan artikel pengertian bahasa Indonesia menurut para ahli. Dan, beberapa fungsi tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut ;
  1. Bahasa Indonesia mengungkapkan segala sesuatu yang ada dalam diri seseorang, baik berbentuk perasaan, pikiran, gagasan, dan keinginan yang dimilikinya.
  2. Bahasa Indonesia mempermudah kita berbicara dengan lingkungan baru untuk beradaptasi dengan orang lain. Kepandaian memilih kata dalam berbahasa akan memudahkan kita untuk beradaptasi di lingkungan baru yang kita tempati. Dengan berbahasa yang baik orang lain akan menilai bagaimana kita dan seperti apa kita dalam lingkup masyarakat. Apakah baik ataukah buruk.
  3. Bahasa Indonesia sebagai alat control social. Mengapa dikatakan demikian? Ilustrasinya akan penulis berikan seperti ini. Jika seseorang merasa emosi yang tidak terbendung, ia dapat melampiaskannya dengan menuliskan sebuah kata-kata, bernyanyi atau disesuaikan dengan kebiasaan seseorang tersebut. Semua kegiatan ini berhubungan dengan bahasa Indonesia yang kita gunakan setiap harinya. Bahasa Indonesia sebagai alat Control social juga dapat digambarkan kegiatan berbicara kita dengan orang lain. Karena dengan kita berbicara kita memiliki sudut pandang baru, sikap baru, dan tindakan baru yang baik dan dapat kita nilai dalam kehidupan kita sehingga dapat kita gunakan sebagai alat control social.
  4. Bahasa Indonesia juga dapat memberikan fungsi sebagai status social Dalam hal ini status social dapat kita dapatkan dari cara bicara yang kita gunakan sehari-hari. Bekerja, belajar, berorganisasi, atau melakukan hal lain dipermudah dengan penggunaan bahasa Indonesia. Pengucapan bahasa Indonesia yang baik dari kita akan memberikan penilaian baik tersendiri dari lawan bicara kita.
Cukup jelaskah anda mengenai pengertian bahasa Indonesia menurut para ahli? Semoga penulisan kali ini memberikan manfaat untuk anda, terkait hal tersebut. Penulis pun berharap, penulisan kali ini memberikan rasa penasaran untuk anda, sehingga anda terpacu untuk terus dan terus belajar, mencari ilmu alam yang tak ada batasnya. Jangan batasi diri anda untuk belajar yaa! Carilah ilmu alam tanpa rasa lelah!!