Latest News

Pengertian Bridge Menurut Para Ahli

Asingkah anda dengan kata bridge? Bridge memiliki kaitan yang erat dengan system/ jaringan computer. Apa itu bridge? Bagaimana definisi/ pengertian bridge menurut para ahli? Untuk menambah ilmu dan pengetahuan terkait hal tersebut, mari ikuti pembahasan berikut, hingga ke akhir kalimat!!

Artikel kali ini dibuat dengan judul pengertian bridge menurut para ahli. Apa itu bridge? Bagaimana fungsi bridge dalam system dan jaringan computer? Bridge, dikenal dengan sebutan bridge – Ethernet, yaitu sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan dan menghubungkan jaringan terpisah dalam jaringan computer. Bridge juga bisa di definisikan sebagai perangkat jaringan yang menyaring/ memfilter lalu lintas data pada jaringan computer dan mengurangi junmlah lalu lintas yang terjadi pada LAN dengan membaginya menjadi dua segmen. Perangkat bridge, beroperasi pada layar 2 OSI model. Dalam sebuah jaringan computer, fungsi utama bridge adlaah sebagai penerus data bedasarkan alamaat MAC nya. Alamat MAC ini berasal dari perangkat pengirim ke perangkat penerima. Bridge tidak hanya terhubung pada perangkat computer, tapi juga perangkat keras lainnya yang menjadi bagian dalam jaringan computer, seperti printer, router, switch, hub, dll.


Bridge dapat mengontrol broadcast pada jaringan terkoneksi, bridge juga bisa mempelajari paket frame yang diterima dan alamat MAC tujuan untuk melakukan transmisi data/ paket, selain itu bridge membantu dalam membuat segmen jaringan luas menjadi lebih kecil agar mudah di monitor, serta melakukan routing. Hal tersebut menjadi karakteristik yang dimiliki bridge, sehingga membedakannya dengan perangkat jaringan lainnya. Sebaik apapun suatu alat, pasti memiliki sisi negative dan positif, dan di pembahasan artikel pengertian bridge menurut para ahli kali ini, penulis akan menjabarkan sisi positif dan negative tersebut. Berikut adalah keuntungan dan kelebihan dari penggunaan bridge ;
  1. Keuntungan
  • Mengurangi tabrakan saat pengiriman paket dalam jaringan
  • Memperluas dan menambah jarak dari network yang ada
  • Memindahkan data melalui intermediate network dengan protocol yang berbeda
  1. Kerugian
  • Menambah delay pada jaringan
  • Bridge membrodcast alamat yang tidak dikenal pada segmen jaringan yang terkoneksi dan bisa menyebabkan broken
  • Bridge tidak mampu memblokir paket data yang dikirimkan kepadanya
Bridge, menjadi suatu perangkat alat yang sangat penting untuk system computer dan perangkat lainnya. Tanpa bridge jaringan computer tidak akan berjalan dengan sempurna. Bagaimana pembahasan artikel dengan judul pengertian bridge menurut para ahli? Semoga pembahasan kali ini menambah ilmu pengetahuan dan wawasan anda terkait pengertian bridge. Penulis juga berharap pembahasan kali ini memberikan rasa penasaran untuk anda, sehingga dari rasa penasaran tersebut, anda akan terus mencari jawaban dengan memperluas ilmu, wawasan, dan pengetahuan anda. Teruslah belajar, mencari ilmu alam yang tak ada batasnya. Tak ada akhir nya jika kita ingin menambah ilmu, mengasah kemampuan yang ada dalam diri kita. Ilmu apapun yang kita miliki, suatu saat nanti akan menjadi ilmu yang bermanfaat. Jika ilmu alam tak membatasi dirinya untuk kita pelajari, untuk apa kita membatasi diri dalam mempelajari ilmu tersebut? Teruslah belajar!!!!