Latest News

Pengertian Database Menurut Para Ahli

Database, bukanlah kata yang asing di dengar di telinga masyarakat khususnya untuk anda pecinta dunia computer. Database atau basis data sering diartikan sebagai kumpulan data yang dapat diolah/ dimanipulasi menggunakan perangkat lunak dalam system computer yang dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan suatu informasi. Itulah pengertian singkat dari database. Jika anda dihadapkan pada pertanyaan berikut “bagaimana pengertian database menurut para ahli?” bisakah anda menjabarkannya? Untuk menambah pemahaman anda, yuk ikuti pembahasan artikel berikut hingga ke akhir kalimat!!


Dalam system computer, database menjadi hal yang penting karena dapat digunakan untuk menghindari adanya duplikasi data, hubungan antar data yang tidak jelas, dan juga untuk proses pembaharuan yang kompleks. Para ahli juga mengemukakan seberapa pentingnya database dalam system computer. Pendapat ini disuratkan dalam pengetrian yang mereka ambil, agar tidak bertele tele, langsung saja kita bahas tentang pengertian database menurut para ahli;
  • Menurut Toni Fabbri, database merupakan system file yang terintegrasi, minimal mempunyai primary key untuk proses pengulangan data. Dari pendapat tersebut, bisa disimpulkan bahwa database berhubungan dengan proses pengulangan data
  • Menurut S Attre, database adalah koleksi data yang saling berhubungan mengenai suatu organisasi enterprise dengan macam macam pemakaiaannya.
  • Menurut Gordon C Everest, database merupakan suatu kumpulan data yang mekanis, terbagi, terdefinisi, secara formal dan dikontrol terpusat pada organisasi
  • Menurut Chou, database adalah kumpulan informasi yang diorganisasikan ke dalam tata cara khusus dan penggunaannya bermanfaat dalam system computer.
Itulah beberapa pengertian database menurut para ahli. Lalu bagaimana sifat dan elemen dari database itu sendiri? Hal tersebut juga akan dibahas di penulisan berikut. Sifat database dibagi menjadi dua ; internal ( integritas file yang terlibat ) dan share ( elemen database yang dapat dibagikan pada para pengguna baik secara satu per satu maupun secara serentak dan pada waktu yang sama. Untuk elemen database sendiri diantaranya adalah elemen tipe yang dibagi menjadi ; enterprise ( jenis organisasi seperti bank, hotel, dll), attribute ( data item/ beberapa hal yang ingin diketahui dari suatu file, record ( satu set file yang merupakan cirri khas dari suatu file ), entitiy ( objek pada enterprise bedaasarkan data yang disimpan ).

Dari keseluruhan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa konsep dari basis data/ database adalah kumpulan data yang membuentuk suatu file yang memiliki hubungan satu sama lain/ saling berhubungan dengan tatacara tertentu untuk membentuk data baru atau suatu informasi. Pada system computer suatu basis data disimpan dalam perangkat keras (hardware) dengan software tertentu yang dimanipulasi untuk kepentingan tertentu. Cukup jelas bukan pembahasan artikel pengertian database menurut para ahli kali ini? Semoga pembahasan kali ini memberikan manfaat untuk anda yang membacanya. Penulis pun berharap penulisan kali ini bisa menjadi jawaban untuk anda yang memiliki pertanyaan seputar informasi terkait. Penulis akhiri pembahasan berikut. Teruslah anda mencari ilmu alam yang jumlah nya tak terbataas. Belajar dan teruslah belajar Y..