Latest News

Pengertian E – Commerce Menurut Para Ahli

E – Commerce, kata yang bisa dibilang awam di kalangan masyarakat. Tapi jika anda masuk dalam dunia bisnis, kata ini akan menajdi kata yang sangat sering disebut oleh mereka, para pelaku bisnis. Jadi, apa itu E-Commerce? Bagimana definisi/ pengertian E- commerce menurut para ahli? Untuk menambah pengetahuan, yuk sama sama kita bahas!!

Artikel kali ini dibuat dengan judul pengertian E- commerce menurut para ahli. Kita langsung saja masuk dalam inti pembahasan, agar tidak memiliki kesan lambat/ bertele tele. Berikut adalah pengertian E- commerce menurut para ahli;


  • Menurut Laudon & Laudon (1998) E – commerce adalah suatu proses membeli dan menjual produk secara elektronik oleh konsumen dari perusahaan ke perusahaan dengan komputer sebagai media perantara transaksi bisnis.
  • Menurut David Baum, E- commerce adalah satu set teknologi dinamis, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik
  • Menurut Kalakota dan Whinston, definisi E – Commerce ditinjau dalam 4 segi prespektif;
  • Prespektif komunikasi, E – commerce diartikan sebagai proses pengiriman barang, layanan, informasi, atau pembayaran melalui jaringan komputer/ peralatan elektronik lainnya
  • Prespektif proses bisnis, E – commerce diartikan sebagai aplikasi dari teknologi menuju otomatisasi dari transaksi bisnis dan aliran kerja.
  • Prespektif layanan, E – commerce diartikan sebagai alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen, dan manajemen untuk memangkas biaya layanan ketika meningkatkan kualitas barang dan meningkatkan kecepatan layanan pengiriman
  • Prespektif online, E – commerce diartikan sebagai penyedia kemampuan untuk membeli dan menjual barang ataupun informasi melalui internet dan sarana online lainnya.
Dalam dunia bisnis, tak mungkin penggunaan E – commerce di lakukan tanpa ada nya fungsi dari hal tersebut. Dengan menggunakan sistem E –commerce, perusahaan dapat lebih efisien dan efektif dalam meningkatkan keuntungannya. E – commerce juga berfungsi untuk meningkatkan market eksposure, menurunkan biaya operasional, melebarkan jangkauan dalam memasarkan produk, meningkatkan customer totallyty, dan masih banyak fungsi lain dalaam penggunaan sistem E – commerce. Dalam penerapannya E – commerce dibedakan menjadi 2, yaitu Bussines to bussines, dan bussines to customer. 

Jenis E- commerce yang pertama menguhubungkan antara pebisnis satu dengan yang lainnya, dan tentunya kedua belah pihak sudah saling mengetahui baik buruk nya satu sama lain.  Dan jenis E – commerce yang kedua menghubungkan antara pebisnis dengan customer, dimana akan dilakukan sistem pendekatan dan servis yang dilakukan pun harus memberikan kesan sempurna, agar para konsumen merasa sangat senang juga puas. 

Nah bagaimana pembahasan artikel pengertian E- commerce menurut para ahli kali ini? Semoga pembahasan ini memberikan pengetahuan tambahan untuk anda, khususnya dalam kasus E –commerce. Penulis akhiri pembahasan kali ini, teruslah untuk belajar, mencari ilmu. Jangan pernah bosan untuk melakukan hal tersebut, karena ilmu apapun yang anda miliki tak akan sia sia. Suatu saat nanti penerapan dari ilmu itu pasti anda butuhkan. Ayoo, terus belajar.