Latest News

Pengertian Etika Menurut Para Ahli

Etika, menjadi hal yang wajib anda ketahui. Etika berhubungan dengan tingkah dan pola hidup anda di kehidupan sehari hari. Jika anda diminta mendefinisikan kata etika, bagaimana anda menjelaskannya? Bagaimana pula pengertian etika menurut para ahli? Untuk menambah ilmu serta wawasan anda, terkait hal tersebut, ikutilah pembahasan kali ini!

Artikel kali ini dibuat dengan judul pengertian etika menurut para ahli. Untuk mempersingkat waktu, langsung saja kita bahas beberapa pengertian etika menurut para ahli, sebagai berikut ;


  • Menurut K. Bertens, etika adalah nilai-nila dan norma-norma moral, yang menjadi pegangan bagi seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah lakunya.
  • Menurut W. J. S. Poerwadarminto, etika adalah ilmu pengetahuan tentang asas-asas akhlak (moral).
  • Menurut Prof. DR. Franz Magnis Suseno, etika adalah ilmu yang mencari orientasi atau ilmu yang memberikan arah dan pijakan pada tindakan manusia.
  • Menurut Ramali dan Pamuncak, etika adalah pengetahuan tentang prilaku yang benar dalam satu profesi.
  • Menurut H. A. Mustafa, etika adalah ilmu yang menyelidiki, mana yang baik dan mana yang buruk dengan memperhatikan amal perbuatan manusia sejauh yang dapat diketahui oleh akal pikiran.
  • Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1988, mendefinisikan etika dengan membedakan tiga arti, yakni: Ilmu tentang apa yang baik dan buruk, kumpulan azas atau nilai, dan nilai mengenai benar dan salah
Etika menjadi ilmu dasar tiap individu untuk bisa bersikap saat berada dalam suatu lingkup kelompok/ perorangan, dan lingkungan baru. Tanpa etika, seseorang merasa sulit menentukan baik buruknya suatu hal yang ada dalam lingkungan hidupnya. Etika mengajaarkan seseorang untuk bersikap, mengambil keputusan, dan berfikir jernih. Nilai nilai penting dalam etika pun menjadi suatu modal dasar jika kita ingin mengikuti suatu organisasi. Jika kita bisa menempatkan diri dengan baik dalam organisasi tersebut, otomatis kita akan terus ada di dalamnya. Tapi jika tidak, rasa tidak nyaman akan mendorong kita untuk keluar secara perlahan dalam organisasi tersebut. Pentingnya etika dalam kehidupan kita, dibuktikan dengan adanya pelajaran yang membahas bab etika saat kita duduk di bangku sekolah dasar. Bagaimana pembahasan artikel pengertian etika menurut para ahli kali ini?

Penulis akhiri penulisan artikel dengan judul pengertian etika menurut para ahli kali ini. Semoga pembahasan kali ini menambah manfaat, pengetahuan, dan memberikan kesan penasaran untuk anda yang membacanya. Sehingga dengan rasa penasasran tersebut, anda akan terus belajar dan belajar mencarai ilmu alam yang tak ada batasnya. Galilah ilmu alam setinggi dan sedalam mungkin. Jangan batasi diri anda untuk terus belajar. Jika masa belajar ada akhirnya, masa mencari ilmu tak pernah ada ujungnya. Jangan pernah lelah untuk membaca ya guys, mencari ilmu yang bisa mempertajam pola pikir anda. Jika ilmu tak membatasi diri untuk anda ambil, untuk apa anda membatasi diri untuk mengambilnya??? J Terusah belajar guys! Runtuhkan jendela dunia dengan membaca, menambah wawasan, ilmu pengetahuan pengetahuan, dan menaklukan ilmu alam.