Latest News

Pengertian Musik Klasik Menurut Para Ahli

Seluruh kalangan masyarakat pasti tahu jika dihadapkan pada kata music. Yaaa, tak butuh ilmu khusus memang untuk bisa menikmati music, tapi untuk dapat memahami makna yang ada di dalamnya, selain bakat, anda membutuhkan pembelajaran juga. Di pembahasan kali ini, bukanlah arti dari music yang akan dibahas, tapi arti dari salah satu jenis music. Emmm, mungkin saja ini aliran music favorit anda. Tahukah anda dengan music klasik? Apa pengertian music klasik? Dan bagaimana pula pengertian musik klasik menurut para ahlinya? Inilah yang akan menjadi topic pembahasan di penulisan kali ini.


Artikel kali ini dibuat dengan judul pengertian music klasik menurut para ahli. Sebelum masuk ke pembahasan music klasik, kita bahas dulu tentang music. Apa saja unsure dari seni music? Seni music mengandung unsure – unsure sebagai berikut :
  • Melodi berhubungan dengan tinggi rendahnya nada yang ada dan disusun dalam suatu fase music
  • Irama berhubungan dengan panjang pendeknya nada yang ada dalam music
  • Birama berhubungan dengan ketukan yang ada dalam music. Contohnya adalah birama 2/4, angka 2 menunjukan ketukan, angka 4 menunjukan nilai nada
  • Harmoni berhubungan dengan nada – nada yang dimainkan, apakah sudah terdengar enak/ belum
  • Tangga nada adalah deretan nada yang disusun secara berjenjang. Tangga nada dibagi menjadi dua : tangga nada diantonis adalah tangga nada yang menggunakan tujuh buah nada dengan dua macam jarak, yaitu ½ dan 1, tangga nada pentatonis adalah tangga nada yang menggunakan lima buah nada dengan jarak menurut aturan tertentu.
  • Tempo berhubungan dengan waktu (cepat lambatnya) yang ada dalam suatu lagu
  • Dinamik berhubungan dengan lembut/ kerasnya dan kuat/ lemahnya nada yang dimainkan
  • Timbre adalah suara yang dihasilkan dari alat music. Timbre dikenal dengan warna suara yang ditentukan oleh sumber bunyi

 Setelah paham dengan unsure unsure yang ada dalam music, kita lanjut membahas aliran music klasik. Musik klasik, bisa diartikan sebagai kmposisi music yang lahir dari budaya Eropa sekitar tahun 1750-1825. Menurut ahli Jong Ren Young, memainkan music klasik bisa membantu kita sebagai mahluk hidup dalam menyeimbangkan fungsi otak kiri dan kanan. Jika anda sering melihat para ibu hamil yang meletakan benda di perutnya, dan benda tersebut mengeluarkan bunyi berupa music, biasanya music music klasik yang mereka putar, dengan tujuan agar calon bayi mereka mendengarkan alunan music tersebut, dan berharap kelak saat anak anak mereka tumbuh, akan menjadi anak anak yang cerdas dan kreatif. 

Tidak hanya itu, pada dasaranya pun music memiliki banyak fungsi yang salah satunya adalah sebagai penenang jiwa. Dan untuk anda yang sulit mengungkapkan peraasaan, lantunkanlah semua perasaan anda melalui media music. Musik klasik menjadi salah satu jenis music yang banyak digemari, khusunya di tahun populernya, dan menjadi jenis music yang dirindukan di masa masa sekarang. Bagaimana pembahasan pengertian music klasik menurut para ahli kali ini? Semoga bermanfaat, memberikan ilmu pengetahuan tambahan dan menambah wawasan anda terkait dunia music.