Latest News

Pengertian PLC Menurut Para Ahli

PLC, tahukah anda kepanjangan dari singkatan tersebut? PLC merupakan singkatan dari Programmble Logic Controller. Daripada pusing menebak, langusng saja kita bahas mengenai pengertian PLC menurut para ahli nya.

Artikel kali ini dibuat dengan jduul pengertian PLC menurut para ahli. Agar tidak terkesan lambat dan membuang waktu, langsung saja kita bahas mengenai pengertian PLC menurut para ahli. Dan berikut adalah beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian PLC;


  • Menurut Capiel, PLC adalah system elektronik yang beroperasi secara digital dan di desain untuk pemakaian di lingkungan industry, dimana system ini menggunakan memori yang dapat deprogram untuk menyimpan secara internal instruksi yang mengimplementasikan fungsi spesifik seperti logika, urutan, perwaktuan, pencacahan, dan operasi aritmatika untuk mengontrol mesin atau proses melalui modul digital maupun analog
  • Menurut NEMA, PLC adalah suatu perangkat elektronik digital dengan memori yang dapat deprogram untuk menyimpan instruksi yang menjalankan fungsi spesifik. PLC mampu mengerjakan suatu proses terus menerus sesuai keinginan pemograman sehingga nilai keluaran tetap terkontorl.
Dari dua pengertian PLC menurut para ahli yang bisa penulis sebutkan, terlihat jelas, jika PLC sangat bermanfaat dalam dunia industry. Tak lengkap membahas arti tanpa fungsi, untuk itu, di pembahsan kali ini penulis akan menjabarkan beberapa fungsi dari PLC. Fungsi PLC diantaranya adalah ;
  • Memproses input sinyal biner menjadi output yang digunakan untuk keperluan pemrosesan teknik secara berurutan. PLC mengajarkan semua langkah dalam proses berlangsung secara berurutan dalam urutan yang tetap.
  • Memonitoring suatu system dan mengambil tindakan yang diperlukan sehubungan dengan proses yang dikontrol atau menampilkan pesan tersebut ke operator.
  • Memberi masukan ke CNC untuk kepentingan pemrosesan lebih lanjut. CNC mempunyai ketelitian yang lebih tinggi dan lebih mahal harganya jika dibandingkan dengan PLC.
Itulah beberapa teori yang bisa penulis jabarkan di pembahasan pengertian PLC menurut para ahli. PLC, menjadi alat yang penting dan sangat diperlukan dalam dunia industry. Tanpa PLC, mesin yang ada dalam dunia industry menjadi tidak sempurna. Bagaimana pembahasan artikel dengan judul pengertian PLC menurut para ahli? Cukup jelas bukan pembahsan kali ini? Semoga pembahasan artikel pengertian PLC menurut para ahli bisa menambah ilmu pengetahuan untuk anda, khusunya dalam dunia industri. Penulis juga berharap, pembahasan kali ini memberikan kesan penasaran untuk anda yang membacanya. Sehingga dengan rasa penasasran tersebut, anda akan terus belajar dan belajar mencarai ilmu alam yang tak ada batasnya. Galilah ilmu alam setinggi dan sedalam mungkin. Jangan batasi diri anda untuk terus belajar. Jika masa belajar ada akhirnya, masa mencari ilmu tak pernah ada ujungnya. Jangan pernah lelah untuk membaca ya guys, mencari ilmu yang bisa mempertajam pola pikir anda. Jika ilmu tak membatasi diri untuk anda ambil, untuk apa anda membatasi diri untuk mengambilnya?? Terusah belajar guys! Karena dengan ilmu, anda bisa membuka jendela dunia, mengetahui segala baik buruknya peristiwa yang terjadi di bumi, alam tempat tinggal kita. Jangan puas dengan ilmu yang anda miliki sekarang, teruslah belajar!!