Latest News

Pengertian WAN Menurut Para Ahli

Anda pecinta internet, jelas taka sing dengan singkatan WAN. Ada LAN, ada WAN, tapi di pemabahsan berikut kita akan membahas WAN. Ada diantara andaa yang asing dengan singkatan ini? Jika yaaa, tak ada salahnya menambah ilmu dengan mengikuti pemabahsan kali ini? Karena ilmu apapun itu tak akan pernah sia sia. Siapa tahu suatu saat nanti ilmu yang ada dalam pembahasan ini akan ditanya oleh anak cucu anda, hmmm, terasa malu bukan jika anda tidak bisa menjawabnya meskipun hanya menyebutkan arti? Langsung saja yuuuuk, kita bahas pembahasan berikut!! WAN merupakan singkatan dari Wide Area Network yang berarti jaringan computer yang mencakup area yang besar, seperti antar wilayah, kota, atau bahkan Negara. WAN juga dapat di definisikan sebagai jaringan computer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi public. Naaah, bagaimana pengertian WAN menurut para ahlinya?


Pengertian WAN menurut para ahli tidak berbeda jauh dengan pengertian WAN dalam arti luas. Sebagaian besar, WAN terdiri dari dari dua komponen yaitu kabel transmissi dan elemen switching. Kabel transmisi yang digunakan untuk memindahkan bit bit dari satu mesin ke mesin yang lain juga bisa disebut sirkuit, channel, atau trunk. Sedangkan elemen switching adalah computer khusus yang dipakai untuk menghubungkan dua kabel transmisi atau lebih. Elemen switching memiliki banyak variasi nama, seperti intermediate system, data switching, dan switching node. Elemen switching yang memilih kabel pengirim untuk meneruskan pesan yang dibawa oleh kabel penerima. Dengan kata lain, WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan local yang satu dengan  yang lainnya, sehingga pengguna/ computer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan computer yang ada di lokasi lainnya. Tanpa WAN bisa dibayangkn bukan? Bagaimana koneksi computer dapat tersambung antara satu dengan yang lainnya?

WAN aplikasinya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah Negara/ benua. Wide Area Network terdiri dari kumpulan mesin yang bertujuan untuk menjalankan program program aplikasi. Bagaimana pembahasan artikel dengan judul pengertian WAN menurut para ahli? Secara teoritis memang belum ditemukan beberapa pendapat para ahli, tapi jika diamati lebih dalam, pendapat pendapat yang ada, tidak berbeda jauh dengan pendapat mengenai definisi yang telah disebutkan di atas. Tanpa WAN jaringan computer tidak akan terhubung dengan sempurna.

Sekian pembahsan artikel dengan judul pengertian WAN menurut para ahli kali ini. Semoga pembahasan kali ini menambah manfaat, pengetahuan, dan memberikan kesan penasaran untuk anda yang membacanya. Sehingga dengan rasa penasasran tersebut, anda akan terus belajar dan belajar mencarai ilmu alam yang tak ada batasnya. Galilah ilmu alam setinggi dan sedalam mungkin. Jangan batasi diri anda untuk terus belajar. Jika masa belajar ada akhirnya, masa mencari ilmu tak pernah ada ujungnya. Jangan pernah lelah untuk membaca ya guys, mencari ilmu yang bisa mempertajam pola pikir anda. Jika ilmu tak membatasi diri untuk anda ambil, untuk apa anda membatasi diri untuk mengambilnya??? J Terusah belajar guys!