Latest News

Pengertian Zakat Menurut Para Ahli

Zakat, menjadi kewajiban yang rutin dijalankan bagi umat muslim setiap tahunnya. Zakat menjadi urutan dalam rukun islam yang penerapannya wajib di jalankan, karena memberikan pengaruh yang besar untuk orang lain. Jika anda ditanya tentang pengertian zakat, mampukah anda menjabarkannya secara rinci? Bagaimana pula pengertian zakat menurut para ahli nya? Untuk menambah pengetahuan dan pemahaman anda terkait hal tersebut, yuk sama sama kita bahas!!

Artikel kali ini dibuat dengan judul pengertian zakat menurut para ahli. Zakat, menurut bahasa, diartikan sebagai kesucian, sedangkan menurut syara adalah pemberian yang wajib di berikan dari harta tertentu, disesuaikan menurut sifat, dan ukuran kepada golongan terntentu. Pengertian zakat secara rinci adalah segala sesuatu pemberian yang wajib diberikan dari harta tertentu dan ukuran tertentu yang diberikan kepada golongan masyarakat tertentu. Bahasa mudahnya, zakat adalah sebagian kekayaan yang diambil dari milik seseorang dan diberikan sesuai kemampuan/ golongan kepada orang lain yang wajib menerima dan membutuhkannya. Dalam ajaran islam, seperti yang telah diketahui, zakat terbagi menjadi beberapa jenis, dan yang umum ada juga terkenal adalah zakat fitrah dan zakat mal. Zakat fitrah menjadi zakat yang wajib hukumnya, berupa makanan pokok suatu negara yang dikeluarkan setelah melaksanakan ibadah saum (puasa) selama 1 bulan. Sedangkan zakat mal, adalah zakat yang dibayarkan untuk membersihkan harta yang kita miliki dengan cara memberikannya kepada mereka yang wajib menerima.


Banyak manfaat yang bisa kita ambil, sesaat kita melakukan rukun islam ini. Keindahan berbagi, akan menyempurnakan ibadah yang telah kita lalui selama 1 bulan penuh. Dengan melakukan ibadah puasa full selama 1 bulan, ditambah dengan melaksanakan kewajiban berzakat, diharapkan kita akan kembali fitrah seperti bayi yang baru lahir di muka bumi. Bagaimana pembahasan artikel pengertian zakat menurut para ahli kali ini? Mudahan mudahan bisa menjadi jawaban untuk anda terkait hal zaakat.

Penulis akhiri penulisan artikel pengertian zakat menurut para ahli kali ini. Semoga pembahasan kali ini menambah manfaat, pengetahuan, dan memberikan kesan penasaran untuk anda yang membacanya. Sehingga dengan rasa penasasran tersebut, anda akan terus belajar dan belajar mencarai ilmu alam yang tak ada batasnya. Tak ada salahnya kita membantu sesama, karena niat baik kita akan memberikan pengaruh yang baik juga di kehidupan kita mendatang. Allah maha tahu, kita hanya perlu melakukan yang terbaik, hasil akhirnya, Allah sebagai penguasa dan pemilik alamlah yang menentukan. 

Tak lupa, penulis ingatkan, galilah ilmu alam setinggi dan sedalam mungkin. Jangan batasi diri anda untuk terus belajar. Jika masa belajar ada akhirnya, masa mencari ilmu tak pernah ada ujungnya. Jangan pernah lelah untuk membaca ya guys, mencari ilmu yang bisa mempertajam pola pikir anda. Jika ilmu tak membatasi diri untuk anda ambil, untuk apa anda membatasi diri untuk mengambilnya??? J Terusah belajar guys! Temukan banyak manfaat dalam mempelajari ilmu, banyak membaca, banyak mencoba, banyak mencari tahu, carilah ilmu tanpa rasa lelah!! Yuuuuk semangat menjadi pintar!