Latest News

Pengertian Artikel Menurut Para Ahli

Hampir setiap orang pernah membaca artikel, tidak peduli pada media apa ia membacanya. Dahulu, biasanya orang membaca artikel di majalah atau surat kabar. Kini, artikel bisa dibaca di internet. Namun, tulisan seperti apakah artikel tersebut, apa yang membedakannya dengan tulisan jenis lain. Agar artikel dapat dibedakan dengan jelas dengan tulisan jenis lain, pertama-tama perlu diketahui terlebih dahulu apa pengertian artikel menurut para ahli.


Ada banyak pengertian artikel menurut para ahli, beberapa di antaranya:
  1. Karangan prosa di media masa dengan pembahasan pokok masalah yang lugas.
  2. Karya tulis yang lengkap di surat kabar, majalah, dan lain-lain.
  3. Salah satu jenis tulisan nonfiksi yang tidak terikat atau bebas.
  4. Catatan, karangan, kritik, reportase, pelajaran, hasil survei, hasil putusan, manifes.
  5. Tulisan yang ditujukan untuk dipulikasikan pada majalah atau surat kabar.
  6. Karangan dengan panjang tidak terikat berisi fakta dan gagasan yang bertujuan mendidik, menghibur, atau meyakinkan.
Karena artikel tidak terikat, berarti ada banyak jenis-jenis artikel. Berdasarkan cara penulisannya,  ada beberapa jenis artikel, yaitu:
  1. Artikel deskriptif. Artikel ini berfokus pada deskripsi atau gambaran sebuah keadaan yang membuat pembaca seolah mendengar, melihat, dan merasakan apa yang dituliskan.
  2. Artikel naratif. Artikel jenis ini mengandung kejadian atau peristiwa yang diceritakan secara kronologis. Artikel yang berisi pengalaman seseorang termasuk ke dalam kategori ini.
  3. Artikel eksposisional. Dalam artikel jenis ini, penuli menguraikan sebuah topik sehingga pembaca mendapatkan informasi tambahan.
  4. Artikel argumentatif. Artikel ini berfokus pada pembuktian kebenaran sebuah opini didukung dengan data maupun fakta yang membuktikan kesahihan pendapat tersebut.
  5. Artikel persuasif. Fokus artikel ini adalah agar pembaca melakukan sesuatu. Dengan demikian, seorang penulis menulis sedemikian rupa sehingga pembaca mengikuti apa yang dianjurkan di dalam artikelnya.
Sementara itu, berdasarkan karakteristiknya, sebuah artikel dapat dikategorikan ke dalam satu di antara dua kategori berikut:
  1. Artikel penelitian. Artikel jenis ini merupakan karya ilmiah. Artikel ini terutama ditujukan pemuatannya di dalam jurnal maupun buku-buku lain yang mengikuti tata cara penulisan ilmiah. Penulisan artikel mengikuti aturan-aturan dan kebiasaan yang berlaku di dalam penulisan tulisan akademik.
  2. Artikel nonpenelitian. Berbeda dengan artikel penelitian, artikel ini tidak membatasi diri pada pedoman penulisan yang berlaku di dunia akademik. Kreativitas sangat penting disini. Sekalipun artikel ini berisi fakta-fakta tertentu yang berasal dari penelitian, biasanya artikel nonpenelitian tetap dapat tampil dengan bahasa yang lebih mudah dipahami.
Dari beragam pengertian artikel menurut para ahli di atas dapat dipahami bahwa artikel bisa berupa apa saja. Pada prinsipnya ia merupakan tulisan nonfiksi dengan panjang yang tidak terikat. Di dalam artikel, permasalahan dibahas secara lugas oleh penulis artikel. Umumnya artikel ditujukan untuk surat kabar maupun majalah. Dengan perkembangan teknologi, artikel kini dapat juga ditemukan di internet. Bagaimanapun dan dalam jenis apapun artikel yang dibuat, pada dasarnya ia memiliki tujuan tertentu, antara lain, untuk menghibur, mendidik, atau meyakinkan pembaca artikel tersebut.