Latest News

Pengertian Bank Menurut Para Ahli

Kata bank sering dijumpai dalam kehidupan sehari hari, seperti iklan di TV yang sering menampilkan iklan bank, atau ketika bepergian kita melihat gedung bank. Mengenai arti bank bisa dipastikan semua orang sudah mengerti, baik yang pernah mengenyam pendidikan di sekolah ataupun yang tidak sekolahpun pasti tahu arti umum dari bank. Saya rasa kita semua sepakat bahwa arti pendek dari bank adalah tempat menyimpan uang atau menabung, dan juga tempat untuk meminjam uang. Pada artikel ini akan dibahas mengenai pengertian bank menurut para ahli.

Pengertian bank menurut Prof. G.M. Verryn Stuart adalah badan usaha yang wujudnya memuaskan keperluan orang lain, dengan cara memberikan kredit berupa uang yang diterimanya dari orang lain, sekalipun jalan menambah uang baru (kertas atau logam). Menurut Dr. B.N. Ajuha, pengertian bank ialah tempat menyalurkan modal dari mereka yang tidak dapat membuatnya lebih produktif untuk keuntungan masyarakat.


Pierson mengemukakan bahwa pengertian bank yaitu badan usaha yang menerima kredit tetapi tidak memberikan kredit. Dalam hal ini menurutnya bank dalam operasionalnya hanya bersifat pasif saja, hanya menerima titipan uang saja.

Itulah beberapa pengertian bank menurut para ahli. Sedangkan asal dari kata bank itu sendiri adalah dari bahasa Italia yaitu banca yang berarti tempat penukaran uang. Secara umum pengertian bank adalah sebuah lembaga intermediasi keuangan yang umumnya didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan uang, meminjamkan uang, dan menerbitkan promes atau yang dikenal sebagai banknote.

Sedangkan pengertian bank menurut Undang-undang Negara Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 Tanggal 10 November 1998 tentang perbankan, yang dimaksud dengan bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak sehingga dapat disimpulkan bahwa usaha perbankan meliputi tiga kegiatan, yaitu menghimpun dana, menyalurkan dana, dan memberikan jasa bank lainnya. Kegiatan menghimpun dan menyalurkan dana merupakan kegiatan pokok bank sedangkan memberikan jasa bank lainnya hanya kegiatan pendukung.
Adanya bank tentunya memberikan manfaat bagi banyak pihak, manfaat tersebut yaitu sebagai model investasi, yang berarti, transaksi derivatif dapat dijadikan sebagai salah satu model berinvestasi. Walaupun pada umumnya merupakan jenis investasi jangka pendek (yield enhancement). Dan juga Ssbagai cara lindung nilai, yang berarti, transaksi derivatif dapat berfungsi sebagai salah satu cara untuk menghilangkan risiko dengan jalan lindung nilai (hedging), atau disebut juga sebagai risk management. Serta Informasi harga, yang berarti, transaksi derivatif dapat berfungsi sebagai sarana mencari atau memberikan informasi tentang harga barang komoditi tertentu dikemudian hari (price discovery).

Demikian penjelasan mengenai pengertian bank menurut para ahli. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca yang membutuhkan. Dan semoga dapat menambah ilmu dan wawasan tentang pengertian bank. Sehingga dapat mengetahui arti bank sebenarnya atau tidak hanya pengertian secara umumnya saja.