Latest News

Pengertian Enzim Menurut Para Ahli

Salah satu unsur terpenting di dalam tubuh adalah enzim. Penting untuk mengetahui bagaimana enzim berfungsi di dalam tubuh. Perlu juga diketahui apa pengertian enzim menurut para ahli. Pemahaman yang lebih baik mengenai enzim membuat kita menyadari betapa pentingnya enzim bagi tubuh.

Tubuh manusia mengalami beragam reaksi kimia. Reaksi kimia ini bersifat alami. Pada umumnya, proses kimiawi tersebut berlangsung teratur dan cepat. Asupan makanan maupun minuman secara teratur setiap hari menjadi penopang penting agar proses-proses kimiawi ini terus terjadi di dalam tubuh. Enzim merupakan unsur terpenting di dalam proses kimiawi tersebut sehingga melancarkan metabolisme tubuh.


Enzim diartikan sebagai protein yang berfungsi menjadi katalis ketika makhluk hidup bermetabolisme. Pengertian enzim menurut para ahli ini mengandung pengertian bahwa enzim akan membuat reaksi kimia di dalam tubuh lebih cepat berproses, sekalipun enzim tidak bereaksi di dalam proses ini. Enzim akan menentukan jenis reaksi yang perlu dipacu sehingga reaksi-reaksi kimia di dalam tubuh bisa berlansung tanpa memproduksi produk sampingan beracun.

Susunan enzim meliputi apoenzim serta gugus prostetik. Bagian apoenzim tersusun dari protein. Sedangkan gugus prostetik tidak tersusun dari protein. Lebih lanjut, gugus prostetik masih terbagi ke dalam dua kelompok lagi, yaitu koenzim dan kofaktor. Koenzim disusun dari bahan organik, sementara kofaktor disusun dari bahan anorganik.
Enzim memiliki sifat-sifat tertentu. Sifat-sifat tersebut sebagai berikut:
  1. Enzim secara alami mempercepat proses kimiawi di dalam tubuh tanpa harus ikut bereaksi.
  2. Enzim rentan terhadap suhu. Ia akan rusak bila mendapatkan suhu panas di atas 60 derajat Celsius.
  3. Enzim adalah senyawa protein sekalipun terdiri dari gugus nonprotein.
  4. Reaksi kimiawi oleh enzim berlangsung sangat cepat serta bisa berulang-ulang sekalipun berjumlah sedikit.
  5. Enzim bekerja baik di dalam sel maupun di luar sel.
  6. Biasanya enzim mempercepat reaksi yang berlangsung satu arah, namun enzim juga bekerja pada beberapa reaksi dua arah.
Dari sifat-sifat di atas terlihat bagaimana enzim berfungsi sebagai katalisator. Fungsinya sebagai katalisator berarti enzim akan membuat proses kimiawi terjadi lebih cepat. Agar proses metabolisme tubuh lebih lancar, enzim melepaskan beragam unsur di dalam tubuh, seperti molekul uap air, zat kimiawi, dan gugus amin. Zat-zat baru dapat diolah oleh enzim saat ia masuk ke dalam tubuh, sehingga terjadi perubahan pada proses lain. Misalnya, enzim membuat rasa manis pada gula dapat dirasakan lidah atau enzim membantu penghancuran makanan saat dikunyah. Singkatnya, enzim membuat kinerja organ tubuh berfungsi secara maksimal. Kerja enzim bersifat spesifik. Setiap enzim memiliki fungsi khusus. Artinya, jenis perubahan zat menentukan enzim yang berfungsi. Bila enzim yang digunakan berbeda, hasil akhir proses kimiawi juga akan berbeda.

Uraian mengenai pengertian enzim menurut para ahli serta sifat dan fungsinya memperlihatkan betapa pentingnya enzim bagi tubuh manusia. Tanpa keberadaan enzim di dalam tubuh, bisa saja makanan yang dikunyah tidak akan hancur, makanan tidak terolah di dalam tubuh, sehingga sistem pencernaan terganggu.