Latest News

Pengertian Ginjal Menurut Para Ahli

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting dalam tubuh manusia. Bila ginjal tidak berfungsi dengan baik, keseimbangan tubuh akan terganggu sehingga dapat menimbulkan penyakit-penyakit berat. Untuk itu, kita perlu mengetahui apa pengertian ginjal menurut para ahli, bagaimana bentuk dan letaknya, bagaimana ginjal berfungsi, dan apa dampaknya bila ginjal tidak berfungsi normal.

Sebagaimana organ-organ lain yang tidak terlihat oleh mata telanjang, pengertian ginjal menurut para ahli penting diketahui untuk memahami fungsi organ tersebut. Ginjal adalah organ utama dalam sistem ekresi manusia yang bentuknya merupai kacang. Maksudnya, ginjal mengeluarkan sisa metabolisme tubuh dan zat-zat berlebih. Sisa metabolisme yang dikeluarkan merupakan zat-zat dengan kandungan nitrogen di dalamnya, misalnya ammonia dan urea. Zat-zat terutama urea ini disaring dari darah lalu dibuang dari tubuh sebagai urin. Sedangkan zat-zat berlebih misalnya vitamin C. Selain itu ginjal juga berfungsi agar tekanan osmosis ekstraseluler dapat dipertahankan serta agar asam dan basa tetap seimbang di dalam tubuh.


Panjang ginjal manusia sekitar 10 sentimeter. Jumlahnya ada dua dengan bentuk menyerupai kacang merah. Ginjal terdiri dari tiga bagian, yaitu kulit, sumsum, dan rongga ginjal. Pada kulit ginjal, atau korteks, terdapat banyak badan malphigi yang terdiri dari glomerulus. Jumlah badan malphigi di kulit ginjal ini lebih kurang 1 juta. Sumsum ginjal terdiri dari badan-badan berbentuk kerucut. Di bagian ginjal ini banyak terkandung saluran bernama tubulus kontortus yang berfungsi mengumpulkan urin. Saluran-saluran pengumpul bermuara di bagian ketiga ginjal, yaitu rongga ginjal. Melalui rongga ini, urin keluar melewati saluran ureter hingga mencapai kandung kemih. Dari kandung kemih inilah urin kemudian keluar.

Sepasang ginjal yang dimiliki manusia terletak di bagian tubuh bernama abdomen atau di belakang perut, tepatnya di sebelah kiri dan kanan tulang belakang. Ginjal berada di bawah limpa dan hati. Pada bagian atas ginjal, ada kelenjar adrenal. Umumnya, letak ginjal kanan berada di bawah ginjal kiri. Di bagian atas ginjal, sebagiannya terlindungi tulang iga sebelas serta dua belas.

Ginjal memiliki tiga fungsi. Ia melakukan pengaturan pada kadar ion mineral, pH, serta komposisi air di dalam darah. Plasma darah dipertahankan oleh ginjal agar berada pada kisaran pH 7,4 sehingga urin bisa bersifat asam dengan pH 5 atau bersifat alkalis dengan pH 8. Ginjal melakukan pengendalian kadar ion dengan proses pelibatan aldosteron agar penyerapan ion natrium di tubulus konvulasi meningkat. Saat terjadi kekurangan atau kelebihan air di dalam darah, hipotalamus akan segera mendeteksi dan membuat kelenjar pituitari mengeluarkan hormon antidiuretik. Dengan reaksi ini, tingkat penyerapan air di tubulus ginjal akan berubah sehingga kadar cairan jaringan tetap berada pada kisaran 98%.
Bila ginjal gagal berfungsi dengan baik, akan terjadi beberapa gangguan pada tubuh. Beberapa di antaranya adalah albuminuria, diabetes melitus, diabetes insipidus, nefritis, batu ginjal, anuria, jerawat, eksim, dan gangren.

Uraian mengenai pengertian ginjal menurut para ahli di atas serta penjelasan yang berkaitan dengannya menunjukkan betapa pentingnya ginjal bagi tubuh manusia. Untuk itu, ginjal perlu dijaga agar selalu berfungsi dengan baik sehingga kesehatan tetap terjaga.