Latest News

Pengertian Kehamilan Menurut Para Ahli


Semua pasangan suami-istri di seluruh belahan dunia pasti menginginkan untuk memiliki keturunan. Apalagi seorang wanita, setelah menikah pastinya ia akan memiliki keinginan untuk dapat mengandung atau hamil, ini merupakan salah satu proses untuk menghasilkan keturunan. Kehamilan merupakan suatu fase yang ditunggu-tunggu kehadirannya oleh banyak pasangan suami istri karena melalui fase ini mereka akan mempunyai seorang buah hati pelengkap kehidupan rumah tangga mereka. Karena pentingnya fase tersebut banyak sekali penelitian dilakukan agar bisa meminimalisir hal-hal yang membahayakan kehamilan dan bisa memberikan dukungan yang terbaik bagi proses kehamilan. Nah secara teori apa arti kehamilan itu ? berikut saya sediakan beberapa pengertian kehamilan menurut para ahli.


Menurut Kushartanti , kehamilan adalah di kandungnya janin dari hasil pembuahan sel telur oleh sel sperma. Menurut BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional), kehamilan adalah proses yang diawali dengan keluarnya sel telur matang pada saluran telur yang kemudian bertemu dengan sperma, lalu keduanya menyatu membentuk sel yang akan tumbuh.


Sedangkan Menurut Hanifa, masa kehamilan pada wanita hamil dimulai dan konsepsi sampai lahirnya janin, lamanya kehamilan normal 280 hari dihitung dari hari pertama haid terakhir. Dan berdasarkan pengertian kehamilan menurut para ahli yang lainnya yaitu Guyton, kehamilan adalah suatu rangkaian peristiwa yang baru terjadi bila ovum dibuahi dan pembuahan tersebut berkembang sampai menjadi fetus yang aterm.

Saat hamil seorang wanita akan banyak mengalami perubahan pada kondisi fisik tubuhnya, perubahan tersebut mungkin relatif pada tiap-tiap wanita. Karena saat hamil merupakan saat-saat paling membahagiakan bagi seorang calon ibu dan juga merupakan saat-saat perjuangan karena ia harus membawa beban berat selama sembilan bulan kemana pun ia pergi yaitu calon buah hatinya.

Proses terjadinya kehamilan sendiri terjadi saat sel sperma laki-laki bertemu dengan sel telur matang dari wanita bertemu ( kemudian terjadi proses pembuahan ). Pertemuan itu terjadi setelah melakukan hubungan suami istri dan akan bisa berhasil jika di lakukan oleh perempuan dewasa pada masa suburnya. Selain itu,ada beberapa hal yang mempengaruhi berhasil atau tidaknya proses pembuahan tersebut. Seperti kualitas sel sperma laki-laki dan tingkat kematangan telur dari wanita. Maka dengan terjadinya kehamilan itu juga menandakan bahwa pasangan suami isteri memiliki tingkat kesuburan yang baik dan hal ini juga menandakan bahwa mereka tidak memiliki masalah kesehatan yang berarti.

Dari uraian mengenai pengertian kehamilan menurut para ahli diatas, maka diharapkan pengertian tentang kehamilan akan semakin jelas. Karena kebanyakan masyarakat hanya mengetahui bahwa pengertian kehamilan yaitu saat seorang wanita mengandung janin di dalam rahimnya selama kurang lebih 9 bulan lamanya. Kemudian dari uraian diatas, diharapkan juga dapat menambah ilmu dan pengetahuan pasangan suami-istri atau pembaca mengenai kehamilan. Sehingga proses kehamilan dapat dijalani dengan baik dan membuat para istri lebih bersyukur dan menikmati anugerah yang diberikan Tuhan yaitu berupa kehamilan.