Latest News

Pengertian Laporan Keuangan Menurut Para Ahli

Setiap organisasi yang dijalankan secara profesional pasti memiliki laporan keuangan. Persoalan laporan keuangan ini dipelajari di dalam bidang studi bernama akuntansi. Sedangkan orang yang membuat laporan keuangan disebut dengan akuntan. Laporan keuangan dibuat berdasarkan cara dan pengertian tertentu, oleh karena itu perlu dipahami pengertian laporan keuangan menurut para ahli.

Laporan keuangan diharapkan memberikan informasi berkaitan dengan perusahaan, beserta informasi lain seperti kondisi ekonomi dan industri. Laporan ini dipersiapkan dan disampaikan oleh pihak manajemen perusahaan untuk pihak interal perusahaan maupun eksternal perusahaan. Ini berarti, sebuah laporan keuangan adalah sebuah pertanggungjawaban. Lebih lanjut, dengan informasi tersebut akan diperoleh deskripsi lebih baik tentang risiko maupun prospek yang dimiliki perusahaan.  Laporan keuangan menggambarkan apa saja dampak yang timbul dari transaksi maupun peristiwa lain. Agak berbeda dari pengertian tersebut, Sofyan S. Harahap berpendapat bahwa laporan keuangan merupakan laporan yang berisi gambaran keadaan keuangan serta hasil usaha dari sebuah perusahaan di saat atau kurun waktu tertentu.


Dalam Financial Statement Analysis, Myer menyebutkan laporan keuangan sebagai dua daftar yang dibuat di akhir periode oleh akuntan untuk perusahaan. Daftar tersebut adalah laporan neraca serta laporan rugi-laba. Namun kini, perusahaan tidak hanya membatasi laporan keuangan mereka pada kedua jenis laporan tersebut. Sudah menjadi hal umum bagi perusahaan menambahkan satu jenis laporan lagi, yaitu laporan surplus atau laba. Hanya saja laporan ini tidak dipublikasikan. Dari pengertian ini jelas bahwa laporan keuangan berkaitan dengan akuntansi. Ia adalah produk akhir kegiatan akuntansi sebuah perusahaan.
Dalam istilah lain, Munawir berpendapat bahwa sebuah laporan keuangan merupakan sebuah progress report atau laporan kemajuan. Itu artinya laporan keuangan mempunyai sifat historis. Isi laporan keuangan tidak hanya berupa fakta-fakta tercatat. Prinsip dan kebiasaan akuntasi maupun pendapat pribadi juga termasuk ke dalam laporan keuangan.

Dari pengertian laporan keuangan menurut para ahli di atas dapat diketahui bahwa laporan keuangan pada dasarnya menggambarkan klasifikasi kegiatan ekonomi sebuah perusahaan atau ringkasan sejumlah transaksi keuangan dalam periode tertentu. Dengan demikian laporan keuangan memiliki peran penting bagi perusahaan. Pihak di dalam maupun luar perusahaan dapat membuat keputusan ekonomi penting berdasarkan laporan keuangan. Ia juga menjadi gambaran perusahaan, bagaimana kinerja keuangan serta manajemen perusahaan. Dari laporan keuangan dapat dinilai apakah sebuah perusahaan memiliki kinerja yang baik atau tidak.

Sebuah laporan keuangan semestinya menyajikan hal-hal berikut:
  1. Laporan harus mengandung informasi mengenai kinerja keuangan di dalam perusahaan yang terlaksana pada periode tertentu.
  2. Kinerja keuangan ini bermanfaat dalam pengukuran daya pendapatan seluruh komponen yang berkaitan dengan kinerja tersebut.
  3. Laporan keuangan harus menyediakan informasi berkaitan dengan cara pihak perusahaan menyampaikan pertanggungjawabannya kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai manajemen sumber daya ekonomi.
Berdasarkan pengertian laporan keuangan menurut para ahli dan beberapa uraian singkat mengenai laporan keuangan di atas, bisa diketahui betapa pentingnya sebuah laporan keuangan bagi perusahaan. Arti penting laporan ini bahkan tidak hanya bagi perusahaan pembuat laporan, namun juga bagi pihak-pihak di luar perusahaan yang berhubungan dengan perusahaan tersebut.