Latest News

Pengertian Modem Menurut Para Ahli

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa zaman sekarang ini telah memasuki zaman modernisasi. Telah banyak sekali alat tekhnologi yang canggih bermunculan. Dunia internet telah mejadi konsumsi seluruh lapisan masyarakat tanpa ada keterbatasan. Sehingga dengan mudahnya kita mendapat informasi dari internet. Karena hal tersebutlah maka masyarakat berlomba-lomba untuk mengaksesnya. Tetapi, terkadang untuk mengakses internet juga harus membutuhkan alat untuk menghubungkannya. Salah satu alat ini sering disebut modem. Jika dilihat dari pendapat para pakar yang telah memberikan pengertian modem menurut para ahli maka tentulah akan banyak sekali maknanya.

Modem adalah singkatan dari modulator atau demodulator. Modulator itu sendiri mempunyai fungsi untuk melakukan proses menghantar data dalam bentuk sinyal informasi ke sinyal pembawa agar dapat dikirim melalui media tertentu. Proses ini dinamakan modulasi. Dalam proses ini data dari komputer yang berbentuk sinyal digital akan diubah menjadi sinyal analog. Sedangkan demodulator mempunyai fungsi sebagai proses untuk mendapatkan kembali data yang dikirim oleh pengirim. Pada proses ini data akan dipisahkan dari frekuensi tinggi dan data yang berupa sinyal analog akan diubah kembali menjadi sinyal digital agar bias dibaca oleh komputer.



Jenis modem yang beredar saat ini sangatlah banyak dan beragam. Seringkali pengguna internet sering terkecoh dalam memilihnya. Karena ada saja modem yang lambat koneksinya atau sedikit payah dalam hal jaringannya. Jenis-jenis modem tersebut bisa dibedakan berdasarkan pemasangan, jaringan, teknologi atau jenis koneksinya. Untuk itu para pengguna internet harus cermat dan tepat dalam memilih modem. Sehingga tingkat kecepatan dalam proses aksesnya sesuai dengan yang diharapkan.

Sebelum membahas tentang modem lebih jauh lagi, maka sebaiknya kita mengetahui pengertian modem. Ada banyak sekali pengertian modem menurut para ahli. Karena itu maka penulis telah menyimpulkan pengertian modem secara umum. Pengertian modem adalah suatu alat yang dapat mengubah sinyal analog menjadi digital atau sebaliknya dalam proses mengakses internet pada komputer.

Perlu diketahui juga bahwa modem akan dapat bekerja dengan baik apabila komputer dapat mengenali perangkat yang dipasang tersebut. Agar dapat dikenali, sebuah modem harus diinstal terlebih dahulu. Proses penginstalan dilakukan dengan menggunakan driver. Driver tersebut berupa file-file yang akan membuat sistem operasi komputer dapat mengenali modem yang dipasang. Biasanya driver tersebut didapatkan pada saat membeli modem karena telah disertakan dalam sebuah disket atau CD.


Kecepatan modem mentransfer data diukur dengan satuan bits per second (bps) atau bit perdetik. Ada lagi dua jenis modem yaitu modem internal dan eksternal. Pengertian modem internal adalah modem yang dipasang langsung di motherboard komputer atau dipasang langsung dalam CPU. Sedangkan modem eksternal adalah modem yang dipasang terpisah ke komputer dengan menggunakan kabel usb atau kabel serial.

Demikian uraian tentang modem dengan judul pengertian modem menurut para ahli. Semoga pengguna internet atau pembaca dapat lebih memahami apa itu modem dan dapat lebih selektif dalam memilih modem. Serta semoga dapat menambah pengetahuan dalam penggunaan modem.