Latest News

PENGERTIAN PENJUALAN MENURUT PARA AHLI

Pengertian penjualan menurut para ahli adalah suatu pekerjaan pemindahan tangan kepemilikan suatu barang atau produk dari sang penjual atau pemilik produksi pada seorang konsumen untuk memperoleh keuntungan yang telah disepakati satu sama lain. Dalam acara transaksi ekonomi ini, kerap kali terjadi di suatu pasar, minimarket, hypermart, jalanan, toko, ruko, dimana seorang pembeli bertemu langsung dengan penjual dan barang jualanya. Namun saat ini sangat memungkinkan penjualan dalam bentuk online, dimana seorang penjual tidak harus bertemu dengan pembeli secara langsung secara tatap muka. 

Pengertian penjualan menurut para ahli sangat banyak sekali. Namun kali ini kita hanya akan memaparkan beberapa pakar yang memang handal dibidang penjualan. Definisi penjualan menurut Robert Ashton yaitu proses saat penjual membantu pembeli mengambil keputusan pembelian. Kerap kali pembeli merasakan kebimbangan saat menentukan barang mana yang harus ia miliki. Sehingga disini peran seorang penjual untuk meyakinkan pembeli agar membeli produknya dengan memberikan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan produknya.


Pengertian penjualan menurut Matz dan Usry (1988) yaitu pengalihan hak milik dari penjual ke pembeli. Dimana pemilik awal adalah sang penjual. Namun karena sebab lain seperti mencari keuntungan, maka penjual akan mengalihkan hak miliknya pada orang lain yang membutuhkan barang tersebut. Dalam transaksi ini baik penjual dan pembeli memperoleh keuntungan masing-masing yang hanya dirinyalah yang mampu mengukur seberapa besar keuntungan yang telah mereka peroleh.

Pengertian penjualan menurut Rhonda Abrams adalah aktivitas komunikasi langsung dengan konsumen untuk memperoleh pesanan atau penjualan langsung. Interaksi inilah yang mempertemukan penjual dan pembeli baik secara online dan offline. Interaksi yang dilalui ini akan melahirkan keputusan-keputusan dan kesepakatan antara oenjual dan pembeli. Mereka akan membicarakan barang tersebut beserta kelebihan dan kekuranganya juga beberapa aspek keuntungan lainya agar mampu memuaskan batin dan jiwa.

Pengertian penjualan menurut Kevin J. Clancy dan Robert S. Shulman yang menjelaskan bahwa Penjualan merupakan salah satu kategori dari pemasaran produk. Dalam dunia ekonomi, kita akan mulai mengenal bagaimana cara memasarkan suatu produk agar dapat laris dan diminati oleh kalangan banyak umat. Salah satunya dengan teknik pemasaran.

Pengertian penjualan menurut para ahli memaparkan bahwa dalam penjualan menekankan dan menuntut kita untuk memiliki sikap ulet,jujur, kreatif, tanggung jawab, sabar, amanat, tidak putus asa karena dalam melakukan suatu transaksi jual beli semua sikap pribadi kita akan digesek dengan kebutuhan sehingga mereka yang ada didalam pikiran akan keluar. Dalam melakkan penjualan kita akan menemui berbagai bentuk manusia yang unik dan berbeda. Ada dalam melakukan penjualan ia harus dengan sikap lembut, ramah, sabar, penuh dengan kebimbangan, namun ada juga yang cak cek memilih barang, bahkan ia tidak suka barangnya dipilihkan orang lain. Sehingga disinilah letak kemampuan interpersonal atau pemahaman terhapad orang lain semakin kita kuatkan. Karena laku atau tidaknya suatu penjualan juga ditentukan oleh siapa penjualnya dan bagaimana ia menjualkan berangnya agar dikenal masyarakat secara luas.