Latest News

Pengertian Public Relation Menurut Para Ahli

Banyak pengertian yang telah diberikan kepada istilah public relation atau yang biasa disingkat PR. Dimana secara sepintas tidak ada kesamaan antara pengertian yang satu dengan yang lainnya. Hal ini bisa dimaklumi, karena mereka menyesuaikan dengan sudut pandang yang obanyak kita jumpai didalam organisasi. Tetapi jika didalam organisasi kita lebih mengenal istilah humas atau hubungan masyarakat, humas itu sendiri adalah nama lain dari public relation. Untuk lebih meyakinkan anda mengenai pengertian public relation, maka ada beberapa pengertian public relation menurut para ahli.

Menurut Howard Bonham yang merupakan seorang penulis bisnis dan keuangan yang pernah bekerja untuk perusahaan riset independen di Houston, Texas, Amerika Serikat. Ia mengungkapkan bahwa public relation adalah suatu seni untuk menciptakan pengertian publik yang lebih baik, yang dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap seseorang atau organisasi tertentu.


Menurut James E.Grunig yang merupakan seorang penulis dan penerima penghargaan dari Public Society of America. Menurutnya public relation adalah cara melatih komunikasi antara organisasi dan masyarakatnya.

Sedangkan pengertian public relation menurut para ahli lainnya yaitu adalah menurut Edward L.Bernays. Menurutnya public relation adalah usaha yang bertujuan memberi informasi pada masyarakat, membujuk masyarakat untuk mengubah tindakan dan sikapnya, dan berbagai usaha untuk mengintegrasikan tindakan dan sikap dari masalah dengan manusia dan dari manusia terhadap masalah.


Sedangkan pengertian public relation menurut para ahli lainnya yaitu adalah menurut Edward L.Bernays. Menurutnya public relation adalah usaha yang bertujuan memberi informasi pada masyarakat, membujuk masyarakat untuk mengubah tindakan dan sikapnya, dan berbagai usaha untuk mengintegrasikan tindakan dan sikap dari masalah dengan manusia dan dari manusia terhadap masalah.

Menurut Wilcox dan Cameron dalam buku “Dasar-dasar Public Relations”, keduanya menjelaskan bahwa public relation meupakan sebuah fungsi manajemen atas sebuah sikap baik yang direncanakan dan dilaksanakan secara berkelanjutan oleh setiap organisasi demi mendapatkan saling pengertian, dukungan dan simpati dari masyarakat yang terkait dengan cara melakukan evaluasi opini masyarakat tentang organisasi tersebut untuk mencapai kerja sama yang produktif dan efisien.

Dari beberapa pendapat para ahli diatas yang telah memberikan pengertian tentang public relation, dapat dimengerti bahwa public relation dari sebuah organisasi atau perusahaan akan sangat mempengaruhi citra atau nama baik organisasi atau perusahaan itu sendiri. Karena public relation berkenaan langsung dengan nilai sikap dan tindakan yang dilakukan oleh setiap individu dalam organisasi atau perusaahaan didalamnya. Tentunya citra tersebut diharapkan baik sehingga masyarakat percaya dan yakin pada kualitas organisasi atau perusahaan tersebut.

Pada kenyataan sebenarnya, sesungguhnya public relation itu melekat pada diri setiap individu. Karena pada dasarnya setiap individu adalah humas atau public relation bagi dirinya sendiri. Sehingga ketika ia melakukan hubungan sosial dengan masyarakat, pembawaan dirinya yang merupakan sikapnya dapat dinilai dan menjadi citra yang selalu melekat dan selalu diingat oleh individu-individu lain. Untuk itulah, semoga penulisan yang berjudul pengertian public relation menurut para ahli ini dapat menambah wawasan anda dan memberikan anda motivasi untuk menciptakan public relation yang lebih baik.