Latest News

PENGERTIAN SISTEM MENURUT PARA AHLI

Pengertian sistem menurut para ahli yakni sekumpulan elemen atau subbab yang berkaitan dan memiliki hubungan timbale balik sehingga akan mempengaruhi satu sama lain dalam melakukan aktivitas bersama demi mencapai suatu tujuan. Sistem akan bekerja bersama-sama antara atasan, pergerakan, fungsi vital, dan bawahan sehingga membentuk suatu kolabirasi unik untuk menjalankan suatu kegiatan sehingga ia sampai pada hasil akhirnya. Mereka yang bekerja pada suatu sistem yang sama akan memiliki tujuan akhir yang sama. Sehingga dari awal mereka telah berkomitmen membicarakan apa yang akan dilakukanya secara bersama-sama. Kebersamaan unsure-unsur ini jika bekerja bersama-sama akan menghasilkan suatu totalitas baru dalam menyongsong kehidupan.

Salah satu pengertian sistem menurut para ahli yakni Harijono Djijidihardjo yang menjelaskan bahwa sekelompok objek yang didalamnya terdapat hubungan fungsional yang berkaitan sehingga akan saling mempengaruhi antara satu dengan yang lainya dan hubungan antara kharakteristik pada tiap objek, dan yang secara keseluruhan adalah satu. Hal ini jelas bahwa suatu sistem tersebut tak mungkin berdiri sendiri, namun mereka bekerja sama sebagai sebuah kelompok. Untuk menjalankan suatu organisasi, kita membutuhkan sistem, untuk menjalankan pemerintahan kita memerlukan sistem, bahkan dalam tubuh kita sendiri kita juga memiliki sistem. Misalkan sistem pernapasan, sistem peredaran tubuh dan lain sebagainya. Apabila salah satu dari komponen sistem tersebut rusak, maka kita akan akan mengalami ketidaknormalan sehingga akan terjadi kenjomplagan sistem.


Selain itu pengertian sistem menurut para ahli Murdick, R.G mengemukakan bahwa sistem yakni seperangkat elemen atau unsur yang akan menjadi kumpulan atau bagan-bagan yang siap diolah untuk mencari suatu goal bagian ataupun tujuan bersama dengan mengendalikan data serta barang pada saat rujukan tertentu agar membuahkan informasi dan energi serta benda. Disini menjelaskan bahwa sistem tersebut belum diolah atau masih dalam keadaan ‘already’ untuk melakukan pengolahan. Sistem tersebut digunakan sebai alat untuk menjalankan suatu tujuan.

Sistem yang baik adalah apabila mereka saling mempengaruhi dan mampu memberikan operasi seoptimal mungkin agar menuai hasil  yang maksimal. Sehingga akan memperoleh kepuasan tersendiri bagi orang-orang yang ada didalam sistem tersebut atau yang mampu menikmati hasil tujuan dari sistem tersebut. 

Ada lagi Pengertian Sistem Menurut Jogianto yang mengatakan bahwa sistem merupakan perkumpulan dari unsure-unsur yang saling berinteraksi demi tercapainya suatu tujuan tertentu. Sistem disini melukiskan suatu keadaan-keadaan dan kesatuan yang riil merupakan suatu objek yang nyata, seperti tempat, benda, dan orang-orang yang betul-betul ada dan terjadi. Di suatu tempat tentu saja dikondisikan dengan adanya sistem bagaimana cara mengatur tempat itu baik, layak dihuni, nyaman, dan memberikan rasa aman bagi penghuninya. Maka sistem keamanan, kebersihan, dan lingkungan akan bekerja demi terciptanya semua tujuan tersebut. Adalagi sistem produksi yang hendak menjualkan makanan, maka semua sistem yang ada didalamnya termasuk sistem pengolah, penguji, penyajian, dan semuanya saling bekerja sama agar mampu menghasilkan makanan yang benar-benar layak dikonsumsi dan mengundang daya terik tersendiri

Pengertian sistem menurut para ahli  disini sangat menjelaskan bahwa semua unsure akan saling berkaitan satu sama lain agar tercapai tujuan yang sama. Sekian semoga membantu.