Latest News

Pengertian Telepon Menurut Para Ahli

Kehadiran pesawat telepon telah mengambil peran penting pada perkembangan zaman modern saat ini. Telepon telah mampu menciptakan terobosan dan peluang baru dalam interaksi antar sesama umat manusia di seluruh dunia termasuk dalam perkembangan dan peningkatan dunia usaha.Telepon sebagai alat komunikasi langsung jarak jauh yang cepat dalam menerima dan menyampaikan pesan, telah banyak digunakan manusia dalam seluruh aspek kehidupannya. Sangat terlihat bahwa pesawat telepon telah menjadi alat yang penting untuk berkomunikasi. Ada banyak pengertian telepon menurut para ahli yang dapat kita peroleh dari berbagai sumber, akan tetapi untuk lebih memudahkan anda dalam memahami pengertiannya, maka penulis telah merangkum pengertian dari telepon.

Kata telepon berasal dari kata tele yang berarti "jauh", dan phone yang berarti "bunyi".
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian telepon adalah pesawat dengan listrik dan kawat untuk bercakap-cakap antara dua orang yang berjauhan tempatnya.


Menurut Kamus Administrasi Perkantoran, telepon adalah penyampaian warta dari satu pihak kepada pihak lain di dalam organisasi sendiri ataupun ke luar kantor (atau ke luar kota yang jauh jaraknya) dengan memakai peralatan yang meneruskan suara pembicaraan langsung dari kedua belah pihak. Itulah beberapa pengertian telepon menurut para ahli yang telah penulis rangkum.

Pembahasan selanjutnya yaitu adalah ketika anda bertanya mengapa anda menggunakan telepon dalam berkomunikasi? Sebagian besar orang akan menjawab, bahwa komunikasi melalui telepon menghemat waktu. Memang dari segi waktu dan kemungkinan biaya, bertelepon akan lebih efisien dan efektif dibandingkan menemui orang secara langsung, apalagi menyangkut hal-hal penting yang harus segera diselesaikan.

Telepon juga dapat diartikan sebagai alat komunikasi yang dapat menerima dan mengirim media atau informasi melalui tranmisi. Sehingga pada saat ini, dengan mudah kita jumpai bahwa hampir di setiap rumah tinggal paling tidak memiliki 1 pesawat telepon. Kantor pemerintah maupun swasta pasti memiliki minimal 1 buah pesawat telepon. Para pimpinan perusahaan besar, menengah, kecil, para eksekutifnya, hingga karyawan level bawah memiliki 1 telepon genggam yang dibawa ke mana pun mereka pergi.

Begitu mudahnya kita memperoleh alat komunikasi yaitu telepon. Diharapkan melalui telepon ini kita akan memperoleh informasi yang baik dan benar. Karena banyak sekali kasus kejahatan yang dilakukan melalui media telepon ini . Maka dari itu sebaiknya kita lebih berhati-hati dan lebih selektif dalam memperoleh informasi yang baik. Demikian penjelasan mengenai pengertian telepon menurut para ahli. Semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkan.