Latest News

pengertian bencana alam menurut para ahli

pengertian bencana alam menurut para ahli. pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan kata bencana alam. Bencana alam menjadi sebuah hal yang tidak diinginkan siapapun  bencana alam juga menjadi sebuah derita yang bukan hanya untuk para korban namun untuk banyak orang yang ada disekitarnya. Contohnya saja banjir bandang yang melanda garut. Banjir bandang yang terjadi di garut menjadi sebuah bencana alam yang menjadi duka untuk banyak orang. Bukan hanya menjadi duka untuk para korban. Namun untuk seluruh masyarakat Indonesia. Namun tahukah kamu tentang pengertian dari bencana alam yang menjadi kesedihan untuk banyak orang? Selain faham dan tau akan penggambaran dari bencana alam,  kamu juga penting untuk faham akan pengertian dari bencana alam.


Bencana alam adalah adalah sebuah peristiwa yang tidak bisa diprediksi kejadiannya. Dan bencana alam menjadi sebuah bentuk kesedihan untuk banyak orang. Bencana alam menjadi sebuah bentuk kerugian untuk banyak orang. Nah, selain dari pengertian umum tentang bencana alam, kamu juga penting untuk memahami akan pengertian bencana alam menurut para ahli yang akan menjadikan kamu faham akan apa yang menjadi sebuah pemahaman tentang bencana alam. Dan ini adalah pengertian bencana alam menurut para ahli

Menurut Heru Sri Haryanto. Bencana adalah sebuah kerusakan pada pola kehidupan normal yang merugikan manusia, struktur social dan mengakibatkan munculnya kebutuhan masyarakat.

Menurut UU no.24 Tahun 2007. Bencana adalah rangkaian peristiwa yang mengganggu kehidupan masyarakat, bisa disebabkan oleh factor alam atau factor non alam sehingga menimbulkan korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta, dan dampak pada psikologis korbannya.

Menurut Asian Disaster Reduction Center. Bencana adalah gangguan serius pada masyarakat dan bisa menyebabkan kerugian secara meluas dan sangat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat.

Menurut WHO. Bencana adalah kejadian yang mengakibatkan kerusakan, gangguan ekologis, kematian, atau memburuknya kesehatan yang memerlukan respon dari masyarakat luar.

Menurut Coburn. Bencana adalah serangkaian kejadian yang mampu meningkatkan jumlah korban jiwa atau kerusakan dan kerugian berupa bentuk harta dan benda, infrastruktur, serta pelayanan penting pada skala diluar kapasitas normal.

Menurut Depkes RI. Bencana adalah sebuah peristiwa pada wilayah yang dimana peristiwa itu mengakibatkan kerusakan para wilayah tersebut. Dan bukan hanya kerugian secara materi namun keselamatan dan kesehatan juga menjadi sebuah akibat dari bencana.

Menurut UNDP. Bencana adalah sebuah gangguan yang memiliki level serius dari tatanan masyarakat yang mengakibatkan sebuah kerugian besar pada manusia, lingkungan dan tidak mudah untuk ditanggulangi dengan hanya menggunakan sumber daya manusia itu sendiri. Oleh karena itu, dalam sebuah kejadian bencana pastinya banyak para relawan yang mengirimkan bantuan untuk para korban yang ada dilokasi bencana.

Menurut Parker. Bencana alam adalah sebuah kejadian yang tidak biasa, yang disebabkan alam yang mulai rusak.


Demikian yang dapat kami sampaikan tentang pengertian bencana alam menurut para ahli yang bisa menjadi sebuah edukasi dan wawasan untuk kamu. Semoga dengan apa yang  kami sampaikan bisa menjadi sebuah bentuk materi yang bermanfaat untuk kamu dan bermanfaat untuk banyak orang disekitar kamu yang juga penting untuk memahami akan pengertian dari bencana alam.