Latest News

pengertian kelangkaan menurut para ahli

pengertian kelangkaan menurut para ahli. apa yang ada difikiran kamu tentang kelangkaan. Pastinya kamu berfikir tentang sebuah keterbatasan dan ketidak sediaan sebuah hal. Dan dengan begitu, terjadilah sebuah kelangkaan. Begitu banyak hal yang telah menjadi sebuah kelangkaan. Seperti kelangkaan minyak, kelangkaan gas, kelangkaan bahan bakar dan lain sebagainya. Dan akibat dari kelangkaan itu adalah kenaikan harga dari segala hal yang menyangkut dari barang barang yang telah langka. Itu adalah sebuah penggambaran dari kelangkaan. Namun apa yang menjadi sebuah pengertian dan pemahaman tentang kelangkaan. Demi terjawabnya sebuah pertanyaan tentang kelangkaan, dalam artikel ini, kami akan membahas tentang pengertian kelangkaan menurut para ahli yang bisa menjadikan kamu faham akan arti dari kelangkaan.


Kelangkaan bisa menjadi sebuah artian sebuah kondisi dimana tidak tersedianya sumber daya yang cukup untuk memuaskan semua kebutuhan manusia. Kelangkaan juga bisa menjadi sebuah penggambaran alat sumber daya untuk mencukupi kebutuhan yang tidak tersedia atau sudah habis. Dan kelangkaan juga bisa berarti jumlah hal yang dibutuhkan tidak mencukupi akan kebutuhan para pengguna.

pengertian kelangkaan menurut para ahli bisa dijelaskan dengan memuat factor factor penyebab kelangkaan, seperti.

Keterbatasan sumber daya atau factor produksi yang disediakan oleh alam. Terutama sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui seperti minyak bumi, gas alam, batu bara, dan lain sebagainya. Dan dengan penggunaan sumber daya yang tidak diperbaharui, lama kelamaan sumber daya itu habis dan terjadilah kelangkaan.

Perbedaan letak geografis yang menjadikan sumber daya alam yang memenuhi kebutuhan manusia menjadi tidak rata dalam penyebarannya. Sebagai contoh air yang ada di daerah terpencil yang terkadang berbalik dengan daerah lainnya yang malah kekurangan air.

Pertambahan jumlah penduduk menjadikan sumbera daya alam yang awalnya mencukupi, harus mengalami kekurangan karena pengguna sumber daya yang bertambah. Dan kelangkaan pun terjadi karena tidak terpenuhinya kebutuhan untuk seluruh penduduk yang membutuhkan sumber daya tersebut.

Keterbatasan kemampuan produksi. Dengan banyaknya jumlah penduduk, pastinya perlu banyak sumber daya atau produk yang akan memenuhi kebutuhan hidup penduduk tersebut. Namun terciptanya produk tersebut tentunya memerlukan para pekerja yang menghasilkan barang barang atau sumber daya yang dibutuhkan. Nah, masalah kelangkaan itu hadir saat pekerja atau terbatasnya kemampuan produksi untuk memenuhi kebutuhan hidup para penduduk.

Bencana alam. Suatu hal yang mungkin sedikit kurang bisa ditangani adalah kelangkaan yang terjadi karena bencana alam. Bencana alam yang bukan menjadi rencana dan perhitungan manusia menjadi salah satu factor terjadinya kelangkaan. Seperti banjir yang menjadikan barang barang rusak dan hilang sehingga terjadi kelangkaan akan sumber daya memenuhi kebutuhan hidup penduduk.

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang pengertian kelangkaan menurut para ahli yang juga bisa ditafsirkan dan digambarkan dengan factor factor yang menjadi penyebab dari terjadinya kelangkaan. Semoga dengan apa yang kami sampaikan bisa menjadi sebuah hal yang bermanfaat dan akan menjadi sebuah hal yang memperluas wawasan kamu. Dan mungkin dengan apa yang kami sampaikan bisa menjadi sebuah materi yang bisa kamu share untuk banyak orang yang juga penting untuk memahami akan bentuk dan pemahaman dari kelangkaan.