Latest News

pengertian koloid menurut para ahli

pengertian koloid menurut para ahli. Tahukah kamu tentang koloid? Mungkin masih terdengar aneh dan asing ditelinga kamu tentang koloid. Namun untuk kamu yang ada di studi alam atau kimia, pastinya kata koloid itu sudah memiliki gambaran pada pemikiran kamu. Namun untuk kamu yang belum tahu akan arti dari koloid, kamu tidak perlu khawatir, karena kami akan membantu kamu dalam memahami akan arti dari kata koloid. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang apa sih yang menjadi pemahaman dan pengertian tentang koloid. Kami akan membahas tentang pengertian koloid menurut para ahli yang akan menjadikan kamu mengenal akan arti dari koloid dan memahami akan apa sih koloid itu.

Koloid adalah bentuk campuran dua atau lebih zat yang bersifat homogeny. Namun koloid memiliki ukuran partikel yang tersebar cukup besar, sehingga memiliki efek Tyndall. Tahukah kamu bahwa koloid ada di sekitar kita? Seperti susu, agar, tinta, sampo dan awan. Itu menjadi sebagian contoh dari koloid yang ada dikeseharian kita. Dna mungkin kita juga tidak sadar bahwa koloid itu ada disekitar kita. Nah, sekarang mungkin kamu sudah memiliki bayangan tentang koloid. dan agar kamu lebih faham tentang koloid ini adalah pengertian koloid menurut para ahli

Menurut Graham. Koloid adalah larutan natrium klorida yang mudah berdifusi sedangkan pati, gelatin, dan putih telur, sangat lambat atau tidak sama sekakli menyebar. Zat yang sulit untuk meringankan akan gejala gejala itu adalah koloid.

Menurut Ostwald. Koloid adalah campuran heterogen antara dua atau lebih zat partikel yang berukuran zat koloin dan tersebar merata dalam zat lain.

Nah, sekarang kamu sudah tau kan, apa yang menjadi pengertian dari koloid. namun selain dari pengertian yang harus kamu fahami, kamu juga harus mengetahui akan jenis-jenis dari koloid. koloid memiliki beberapa bentuk, tergantung dari fase pendispersi dan tersebar. Beberapa jenis koloid adalah aerosol yang memiliki dispersant dalam bentuk gas. Aerosol menjadi zat cair yang tersebar, namun ada juga aerosol yang padat yang juga emiliki zat terdispersi yang padat. Seperti asap dan debu di udara. Selain itu bentuk dari koloid juga adalah koloid sol yang menjadi partikel padat dalam cairan seperti air, sungai, sabun sol dan lain sebagainya. Bentuk koloid selanjutnya adalah emulsi system zat cair koloid yang tersebar dengan cairan lain. Namun cairan yang lebih dari satu itu tidak saling larut dan bersatu. Seperti santan, susu, mayonnaise dan lain sebagainya. System koloid yang selanjutnya adalah gelembung gas yang tersebar pada cairan. Dan juga bisa menjadi padat. Dan koloid selanjutnya adalah gel. Yang merupakan koloid kaku yang termasuk semi padat atau setengah padat.

Nah guys, sekarang kamu lebih mengerti kan akan pengertian dan bentuk dari koloid yang ada disekitar kita. Zat koloid menjadi bagian dari kehidupan kita dan sekarang kamu bisa lebih memahaminya,


Demikian yang dapat kami sampaikan tentang pengertian koloid menurut para ahli yang bisa menjadi sebuah edukasi dan tentunya wawasan yang bermanfaat untuk kamu. Dan dengan apa yang kamu ketahui sekarang, kamu bisa berbagi ilmu dengan banyak orang yang juga penting untuk memahami akan pengertian koloid yang juga menjadi bagian dari kehidupan mereka.