Latest News

pengertian grasi menurut para ahli

pengertian grasi menurut para ahli. tahukah kamu tentang grasi? Mungkin masih terdengar asing tentang grasi ditelinga kamu. Namun memang grasi bukan menjadi sebuah kata umum. Namun grasi menjadi sebuah kata yang berhubungan dengan pidana. Grasi menjadi sebuah bentuk kemanusiaan dan juga termasuk atas penerimaan ampun dari para terpidana yang masuk penjara. Grasi menjadi sebuah bentuk pengurangan atau penghapusan akan hukuman sang terdakwa yang telah di vonis bersalah. Grasi biasa diberikan jika ada perayaan hari besar, dan menjadi sebuah bentuk pemberian kebahagiaan untuk para pidana yang memang sudah mengakui kesalahan mereka. Seperti halnya pengurangan satu tahun, dua tahun atau lebih. Tentunya menjadi sebuah keringanan untuk sang pidana yang telah masuk bui. Nah, itu menjadi sebuah penggambaran tentang grasi yang mungkin belum kamu ketahui. Namun selain dari penggambaran yang akan kami jelaskan dalam artikel ini, kami juga akan membahas tentang pengertian grasi secara kalimat yang akan menjadi sebuah penjelasan untuk kamu tentang grasi. Untuk itu, simak sampai selesai ya.


Grasi adalah sebuah bentuk pengurangan jumlah hukuman yang telah ditetapkan. Sebuah ketentuan atau keputusan grasi, diberikan oleh majlis hokum tertinggi pada para pidana. Nah itu menjadi sebuah pengertian secara umum tentang grasi. Namun tentunya hal itu dianggap kurang karena kamu pastinya ingin penjelasan yang lebih detail lagi tentang grasi. Untuk itu, kali ini kami juga akan memberikan penjelasan dengan pengertian menurut para ahli tentang grasi. Dan ini adalah pengertian grasi menurut para ahli

Menurut Prof Van Hamel. Grasi adalah sebuah pernyataan dari kekuasaan tertinggi yang menyatakan bahwa akibat menurut hokum pidana dari sebuah delik menjadi sebuah tindakan baik seluruhnya ataupun hanya sebagian dari vonis aslinya.

Menurut Hazewinkel Suringa. Grasi adalah sebuah peniadaan atau pengurangan akan sebuah pidana, pengurangan para waktu atau jumlah. Atau perubahan dari pidana penjara atau menjadi sebuah pidana denda.

Nah itu menjadi sebuah pengertian grasi menurut para ahli yang bisa kamu fahami. Dengan pengertian tersebut tentu menjadikan kamu faham akan grasi. Namun tentunya sebuah grasi yang didapatkan para pidana memiliki ketentuan yang menjadi syarat dari grasi. Seperti halnya pidana yang mendapatkan grasi adalah pidana yang sudah melewati masa percobaan dalam penjara. Namun penting untuk kamu ketahui bahwa grasi bukanlah sebuah kemurahan hati dari raja atau majlis tinggi, namun sebuah bentuk grasi adalah sebuah bentuk dari penumpasan ketidak adilan akan para terpidana yang juga manusia dan ingin bebas dan ingin melakukan segala apa yang menjadi hak nya, dan itu diluar dari kesalahan yang telah ia perbuat dan telah diakuinya.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan tentang pengertian grasi menurut para ahli. semoga dengan apa yang kami sampaikan bisa menjadi sebuah edukasi dan wawasan untuk kamu. Semoga dengan apa yang kami sampaikan bisa menjadi hal yang bermanfaat untuk kamu. Dan semoga dengan materi yang kami sampaikan bisa kamu share lagi untuk banyak orang yang juga penting untuk memahami akan arti dari grasi.