Latest News

pengertian hibah menurut para ahli

pengertian hibah menurut para ahli. apa yang kamu fikirkan ketika kamu mendengar kata hibah? Mungkin kamu sering mendengar kata hibah ada pelajaran agama di sekolah kamu. Kata hibah menjadi salah satu cabang dari pasal muamalah dalam bab fiqih. Hibah adalah bentuk kata lain dari hadiah. Kata hibah adalah kata yang tentu berbeda dengan jual beli. Jual beli menjadi sebuah transaksi pemberian seseorang pada seseorang lainnya, dengan berharap ada pembayaran yang menjadi bentuk dan cirri dari jual beli. Namun dalam hibah, seseorang memberikan sesuatu pada orang lain lagi, tanpa ada harapan untuk diberikan ulang atau meminta balasan dari orang yang diberinya. Nah itu menjadi sebuah penggambaran dari hibah. Namun apa sih yang menjadi sebuah pengertian dari hibah? Selain memahami akan pengertian hibah dari penggambarannya, kamu juga penting untuk memahami hibah dari pengertian secara kalimat yang akan menjadikan kamu mampu untuk lebih memahami akan arti dari hibah.


Hibah adalah sebuah pemberian dari seseorang pada orang lain secara langsung, tanpa berharap apapun dari orang yang menerima hadiah tersebut. Nah itu menjadi sebuah pengertian hibah secara umum. Namun tentunya kamu juga penting untuk memahami hibah lebih dalam lagi. Dan untuk itu, kami akan membahas tentang pengertian hibah menurut para ahli yang akan menjadikan kamu lebih memahami akan pengertian dari hibah. Dan ini adalah pengertian hibah menurut para ahli

Menurut Asaf A. A. Fyzee. Hibah adalah sebuah penyerahan langsung dan tidak bersyarat juga tidak berharap akan balasan dari orang yang menerima kepada pemberi.

Menurut Muchtar. Hibah adalah sebuah bentuk pemindahan hak akan sebuah barang yang miliki seseorang kepada orang lain, tanpa berharap pembayaran atau segala bentuk pengembalian dari sang penerima.

Nah, itu menjadi sebuah pengertian hibah menurut para ahli yang bisa menjadi tambahan materi untuk kamu dalam memahami akan arti dari hibah. Namun selain pengertian hibah menurut para ahli, hal yang penting untuk kamu fahami dari hibah adalah sebuah syarat dari pemberian hibah. Yang adalah

1.      Ijab yang artinya sebuah pernyataan pemberi kepada penerima secara langsung tentang pemberiannya akan sebuah barang.

2.      Qobul yang artinya adalah sebuah pernyataan pihak penerima untuk barang yang dihibahkan orang yang member.

3.      Qobdlah yang artinya penyerahan miliki sendiri. Sebuah bentuk penyerahan hadiah akan sah jika hal yang menjadi hadiah adalah kepemilikan sendiri.

Nah, itu menjadi sebuah hal yang penting untuk kamu fahami dari cabang muamalah hadiah. Dengan memahami akan pengertian dan syarat dari hibah, akan menjadikan kamu mampu untuk memfungsikan akan muamalah hibah.


Demikian yang dapat kami sampaikan tentang pengertian hibah menurut para ahli yang bisa kamu fahami dan kamu pelajari. Semoga dengan apa yang kami sampaikan tentang pengertian hibah menurut para ahli bisa menjadi sebuah ilmu dan wawasan yang bermanfaat. Dan semoga dengan apa yang kami sampaikan tentang hibah, bisa menjadi sebuah materi yang bisa kamu bagikan untuk banyak orang yang juga penting untuk memahami akan apa yang menjadi arti dari hibah.