Latest News

pengertian kliring menurut para ahli

pengertian kliring menurut para ahli. tahukah kamu tentang kliring? Mungkin kata kliring masih menjadi sebuah hal yang aneh kamu dengar atau tidak familiar di telinga kamu. namun istilah kliring tetap penting untuk kamu fahami. Kliring menjadi sebuah bagian dari dunia perbankan. Untuk kamu yang bukan anak bank, kamu tetap harus faham akan hal ini. Karena mungkin saja suatu saat nanti kamu akan berhadapan dengan kliring dalam sebuah bisnis atau hal lainnya. Oke langsung disimak aja ya. Kliring menjadi sebuah hal yang berhubungan dengan perbankan. Kliring jika kamu bahasa inggriskan menjadi sebuah bahasa yang berarti bersih. Dan kliring dalam dunia perbankan menjadi sebuah bentuk proses penyelesaian urusan perbankan. Baik antara sebuah bank dengan bank Indonesia, bank local dengan bank sekitar, dan juga bank local dengan bank yang digunakan nasabah ditempat lain. Nah, tentunya kamu penting untuk memahami apa itu kliring. Nah, untuk itu, kami akan menjelaskan tentang kliring kepada kamu agar kamu mampu untuk memahami akan arti dari kliring walaupun kamu bukan orang perbankan. Kami akan menjelaskan arti dari kliring baik secara umum ataupun menurut para ahli yang akan menjadikan kamu semakin faham akan arti dari kliring.


Kliring adalah sebuah bentuk penyelesaian perbankan. Kliring menjadi sebuah penyelesaian utang piutang perbankan. Kliring menjadi sebuah penyelesaian urusan uang antar bank satu dan bank yang lainnya. Nah, itu menjadi sebuah pengertian kliring secara umum yang bisa menjadi sebuah pemahaman singkat untuk kamu. namun pengertian kliring secara umum, tentu kurang lengkap untuk kamu. untuk itu, kami akan menjelaskan tentang pengertian kliring menurut para ahli yang akan menjadikan kamu lebih faham akan arti dari kliring. Dan ini adalah pengertian kliring menurut para ahli.

Menurut Irsyad (2011:56). Kliring adalah sebuah penyelesaian hutang piutang antar bank dengan cara saling menyerahkan warkat yang di kliringkan di lembaga kliring yang telah dikordinir terlebih dahulu oleh bank Indonesia.

Menurut Veithzal (2013:352). Kliring adalah sebuah bentuk sarana perhitungan hutang piutang dalam bentuk surat surat berharga dan surat dagang antara bank peserta kliring yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia yang menjadi sebuah bank central yang menjadi petugas  untuk memajukan, memperluas, dan memperlancar arus lalu lintas pembayaran giral. Dan transaksi perbankan lancar dan aman.

Menurut The New Grollier Internasional Dictionary of the English. Kliring adalah sebuah bentuk pertukaran warakat warakat bank dari bank satu dengan bank lainnya yang menjadi hubungan antaran nasabah bank satu dan bank lainnya.

Nah, itu semua menjadi sebuah pengertian kliring menurut para ahli. yang telah begitu memahami akan kliring yang menjadi istilah dalam dunia perbankan. Tentunya dengan pengertian kliring menurut para ahli, menjadikan kamu semakin faham akan pengertian kliring, meskipun kamu bukan orang perbankan.


Demikianlah yang dapat kami sampaikan tentang pengertian kliring menurut para ahli.. semoga dengan apa yang kami sampaikan tentang pengertian kliring menurut para ahli bisa menjadi sebuah edukasi bermanfaat untuk kamu. dan semoga juga dengan apa yang kami sampaikan tentang pengertian kliring menurut para ahli, akan menjadikan kamu memiliki materi untuk berbagi ilmu pada banyak orang yang juga penting untuk memahami akan arti dari kliring.