Latest News

pengertian pegadaian menurut para ahli

pengertian pegadaian menurut para ahli. tahukah kamu tentang pegadaian. Mungkin kamu sering mendengar akan pegadaian yang kini banyak cabangnya dan mudah untuk kamu temui. Pegadaian menjadi sebuah bentuk badan keuangan yang bisa menjadi sebuah solusi ketika kamu mendapat masalah keuangan. Pegadaian menjadi sebuah tempat dimana kamu bisa menjual sementara barang yang kamu miliki dan menukarnya dengan uang yang kamu butuhkan. Dengan pegadaian kamu tidak benar benar menjual barang yang kamu sayangi. Hanya sementara, sesuai dengan pelunasan yang kamu lakukan atas uang yang kamu pinjam. Dari pada kamu menjual murah barang yang kamu sayangi dengan harga murah karena terhimpit masalah uang, mending kamu pergi ke pegadaian dan menjual sementara barang yang masih kamu sayangi. Dengan barang yang kamu gadaikan, kamu akan bisa mendapatkan uang yang kamu butuhkan. Dan ingat kamu harus melunasi pinjaman yang kamu lakukan. Nah, itu menjadi sebuah penggambaran dari pegadaian. Namun apa sih yang menjadi sebuah pengertian dari pegadaian secara bahasa dan pemahaman secara lebih jelas lagi tentang pegadaian.


Untuk kamu yang belum mengetahui akan pengertian dari pegadaian, kamu tidak perlu khawatir dan resah, karena untuk kali ini, dengan artikel ini kami akan membhas tentang pengertian pegadaian baik secara umum ataupun menurut para ahli yang akan menjadikan kamu memahami akan apa sih yang menjadi pemahaman dan pengertian dari pegadaian.

Pegadaian adalah sebuah bentuk badan keuangan yang menerima sebuah penjualan sementara dari para consumen yang niat awalnya untuk meminjam uang. Itu menjadi sebuah pengertian secara umum tentang pegadaian. Namun apa yang menjadi sebuah pengertian pegadaian menurut para ahli yang juga memiliki pendapat tentang arti dari pegadaian. Dan ini adalah pengertian manajemen pemasaran menurut para ahli

Menurut kitab undang undang hokum perdata pasal 1150, pegadaian adalah sebuah badan keuangan yang didalamnya mengatur hak yang diperoleh oleh seseorang yang memiliki piutang atau suatu barang. Yang dimana barang itu diserahkan kepada orang yang berpiutang oleh orang yang memiliki utang atau orang lain atas nama orang yang memiliki hutang tersebut.

Menurut Sigit Triandaru. Pegadaian adalah satu satunya badang usaha Indonesia yang resmi memiliki izin untuk melaksanakan kegiatan lembaga keuangan berupa pembayaran dalam bentuk penyaluran dana pada masyarakat dengan dasar hukum menggadaikan barang yang dimiliki.

Menurut Susilo. Pegadaian adalah sebuah bentuk lembaga keuangan non bank, yang memiliki kegiatan atau kewenangan untuk menyediakan pembiayaan bagi masyarakat luas untuk tujuan konsumsi, produksi, dan juga tujuan lainnya yang perlu untuk dibiayai.

Menurut Siamat. Pegadaian adalah sebuah bentuk lembaga yang menyediakan pelayanan bagi kemanfaatan umum dan memupuk keuntungan berdasarkan sebuah prinsip pengelolaan yang telah menjadi dasar awal dari pegadaian.

Menurut Athesa dan Handiman. Pegadaian adalah sebuah bentuk lembaga keuangan bukan bank di Indonesia, yang membiayai kebutuhan masyarakat. Baik yang produktif, maupun yang konsumtif dengan menerapkan hukum gadai.

Menurut Subagyo, pegadaian adalah sebuah bentuk lembaga keuangan yang memberikan kredit kepada masyarakat dengan corak khusus yang tak lain adalah gadai.

Nah, itulah yang menjadi sebuah bentuk pemahaman dan pengertian dari pegadaian menurut para ahli yang bisa kamu fahami. Dengan memahami akan pengertian dari pegadaian, tentunya akan menjadikan kamu juga faham akan penggambaran dari pegadaian, manfaat dari pegadaian dan juga fungsi dari pegadaian.


Demikianlah yang dapat kami sampaikan tentang pengertian pegadaian menurut para ahli yang bisa menjadi sebuah edukasi dan menjadi sebuah bentuk pemahaman untuk kamu tentang pegadaian. Semoga dengan apa yang kami sampaikan, bisa menjadi sebuah hal yang bermanfaat. Dan semoga juga, materi yang kami sampaikan bisa menajdi sebuah ilmu yang bisa kamu share untuk banyak orang yang juga penting untuk memahami akan pengertian dari pegadaian.