Latest News

pengertian skala menurut para ahli

pengertian skala menurut para ahli. tahukah kamu tentang skala? Mungkin kamu pernah mendengar kata skala disekolah? Di kampus? Atau ditempat lainnya. Apa yang menjadi sebuah penggambaran dalam otak kamu tentang skala? Mungkin kamu langsung tergambar peta, atau peljaran ips, geografi dan lain sebagainya. Yes, skala identik dengan peta wilayah yang menjadi sebuah pengukuran dari peta tersebut. Dengan sebuah skala, kita tidak perlu membuka gambar dengan sangat besar. Namun dengan skala peta yang diatur, menjadikan kita mampu melihat wilayah wilayah yang ada di Indonesia bahkan dunia. Namun apa sih yang menjadi sebuah pengertian dari skala? Penting tuh untuk kamu memahami akan pengertian dari skala. Bukan hanya dengan penggambarannya saja yang akan menjadikan kamu faham. Namun kamu juga penting untuk memahami akan pengertian skala dengan pemahaman secara kalimat. Dengan pemahaman skala secara kalimat, akan menjadikan kamu mampu untuk menjelaskan untuk orang orang yang ingin memahami akan arti dari skala. Dan untuk itu juga, kami akan menjelaskan tentang apa yang menjadi pengertian skala dalam artikel kali ini.


Skala adalah sebuah pengukuran untuk sebuah wilayah untuk kepentingan penelitian. Dalam sebuah skala, kita harus mengukur  atribut seperti nominal, skala original, skalam interval dan skala ratio. Nah, itu menjadi sebuah pengertian skala secara umum yang bisa kamu fahami. Namun apa sih yang menjadi sebuah pengertian skala menurut para ahli yang akan menjadikan kamu lebih memahami akan arti dari sebuah skala.

Namun selain dari pengertian skala menurut para ahli , kamu juga penting untuk tahu akan jenis dari skala yang sering kamu temui. Dengan tahunya kamu akan jenis dari skala, akan menjadikan kamu mampu untuk membuat skala nantinya.

1.      Skala nominal. Skala nominal adalah skala yang memiliki jenis pengukuran dimana angka menjadi sebuah objek atau kelas objek untuk mengidentifikasi. Seperti halnya diagram, yang menjadi sebuah report akan data yang ada. Skala juga menjadikan nomer sebagai sebuah pengukuran untuk data yang sedang diteliti.

2.      Skala ordinal. Skala ordinal menjadi sebuah skala yang juga menjadikan angka sebagai objek yang menjadi laporan untuk sebuah identifikasi. Namun skala ordinal biasanya berbentuk sebuah table dengan angka angka yang menjadi sebuah report akan sebuah data.

3.      Skala interval. Skala interval adalah sebuah skala yang tidak terlalu beda dengan skala ordinal dan skala nominal. Skala interval juga menjadikan angka sebagai objeknya, namun yang menjadikan perbedaan dari skala interval adalah, adanya segi interval yang tetap pada sebuah data.

4.      Skala Ratio. Skala Ratio adalah sebuah skala yang menjadi pengukuran yang digunakan untuk menyatakan peringkat antar tingkatan dan jarak atau interval antar tingkatan yang telah jelas. Dan dalam sebuah skala ratio memiliki nilai 0 yang sudah mutlak.

Nah, itu menjadi sebuah pengertian skala ratio sesuai dengan jenis skala yang mungkin pernah kamu temui. Dengan skala akan menjadikan kamu mampu untuk meneliti sesuatu dengan sebuah jarak yang kamu inginkan.

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang pengertian skala menurut para ahli  yang bisa menjadi sebuah ilmu untuk kamu. Semoga dengan apa yang kami sampaikan tentang pengertian skala menurut para ahli, akan menjadikan kamu faham dan menjadikan kamu mampu untuk mendeskripsikan tentang skala dengan sempurna.