Latest News

pengertian taman nasional menurut para ahli

pengertian taman nasional menurut para ahli. apa yang kamu fikirkan ketika mendengar kata taman nasional? Mungkin kamu langsung tergambar taman yang luas dengan banyaknya fasilitas permainan yang menjadikan kamu merasakan senang saat kamu disana. Ya, kurang lebih nya penggambaran taman nasional ya seperti itu. taman nasional menjadi salah satu ikon sebuah wilayah yang penting untuk kita jaga dan kita rawat. Dengan adanya taman nasional, tentunya Indonesia ini menjadi lebih indah. Dengan taman nasional, menjadikan negara kita ini memiliki space yang memberikan oksigen yang cukup untuk kita hidup. Tentunya kita bisa merasakan bedanya ketika kita berada diruangan, dijalan, dan ditaman. Tentunya kita lebih merasa segar ketika kita ada ditaman. Dengan pemandangan hijau yang indah menjadikan suasana hati kita pun menjadi lebih baik. untuk kamu yang sering galau, taman bisa menjadi sebuah tempat yang akan membuat kamu lebih tenang. dengan kota yang sarat akan polusi, taman nasional seakan menjadi jantung yang menjadikan kita mampu untuk bernafas lebih lega dengan oksigen yang masih mampu untuk diproduksi. Untuk itu, kita penting untuk menjaga taman nasional yang sudah ada. Namun apa sih yang menjadi sebuah pengertian dari taman nasional? Selain mengetahui akan apa yang menjadi sebuah pemahaman dari taman nasional, kamu juga penting untuk mengetahui dan memahami akan pengertian dari taman nasional. Dan untuk kali ini kami akan membahas tentang apa sih yang menjadi pengertian dari taman nasional.


Taman nasional adalah sebuah kawasan pelestarian alam yang memiliki ekosistem asli, dikelola dengan system zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata dan rekreasi alam. Taman nasional juga memiliki undang undang khusus yang menjadi sebuah pemahaman untuk masyarakat Indonesia.
Taman nasional menurut pasal 1 Undang Undang no 5 tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya, pada ayat 14, diartikan sebagai kawasan pelestarian alam yang memiliki ekosistem asili, dikelola dalam system zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, menunjang budidaya, pariwisata dan rekreasi.

Nah, itu menjadi sebuah pengertian secara umum yang telah dicantumkan dalam undang undang Indonesia. namun selain dari pengertian taman nasional menurut para ahli, kamu penting untuk memahami akan manfaat dari taman nasional yang bisa menjadikan kamu memahami akan pentingnya sebuah taman nasional.

Taman nasional memiliki manfaat untuk:

1.     Penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan. Misalnya tempat penelitia, uji coba, pengamatan fenomena alam dan lain sebagainya.

2.     Pendidikan dan peningkatan akan kesadar tahuan konservasi alam. Seperti halnya tempat praktek lapang, perkemahan, outbound, dan lain sebagainya

3.     Penyimpanan karbon, pemanfaatkan energy air dan panas, serta angin yang akan menjadikan kita lebih merasa sejuk.

4.     Pemanfaatan tumbuhan, satwa liar. Misalkan penangkaran rusa, buaya, anggrek dan lain sebagainya.

Itu menjadi sebagian dari manfaat taman nasional yang bisa kamu rasakan dan fahami. Masih banyak lagi manfaat dari taman nasional yang bisa kamu rasakan jika kamu ingin menjaga dan melestarikan taman nasional dengan baik. dengan melestarikan dan menjaganya akan menjadikan kita mampu untuk lebih lama merasakan indahnya taman nasional

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang pengertian taman nasional menurut para ahli yang bisa kami sampaikan. Semoga dengan apa yang kami sampaikan bisa menjadi sebuah edukasi dan pemahaman yang bermanfaat untuk kamu. semoga juga dengan apa yang kami sampaikan tentang pengertian taman nasional menurut para ahli, bisa menjadi sebuah materi yang nantinya bisa kamu bagikan untuk banyak orang disekitar kamu yang juga penting untuk memahami akan arti dari taman nasional.