Latest News

pengertian thaharah menurut para ahli

pengertian thaharah menurut para ahli. tahukah kamu tentang thaharah? Mungkin kamu juga sering mendengar akan istilah thaharah. Untuk orang muslim, thaharah menjadi sebuah hal yang pastinya dilakukan setiap hari karena thaharah untuk sholat 5 waktu yang menjadi hal wajib. Thaharah menjadi sebuah hal yang akan membersihkan kita dari segala kotoran yang ada dalam tubuh kita. Thaharah berbeda dengan mandi atau cuci muka. Thaharah memiliki adab, urutan pembersihan dan juga memiliki niat yang menjadikan thaharah itu sah dan bisa digunakan untuk melakukan ibadah. Namun apa sih yang menjadi pengertian dan pemahaman tentang thaharah? Kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa thaharah itu adalah sebuah kegiatan sebelum ibadah. Memang tidak menjadi sebuah hal yang salah. Namun pemahaman itu tentu sangat kurang. Dan dengan pemahaman yang terlalu singkat itu bisa menjadi sebuah persepsi yang berbeda beda. Nah, untuk itu, dalam artikel yang sedang kamu baca ini, kami akan membahas tentang pengertian thaharah yang akan menjadikan kamu faham akan pengertian dari thaharah. Dengan artikel ini, kami akan membantu kamu yang ignin mengetahui akan penjelasan tentang thaharah.


Thaharah adalah sebuah bentuk kegiatan membersihkan diri dari najis dan hadas lainnya untuk beribadah. Baik yang sunat ataupun wajib.  Nah itu menjadi sebuah pengertian secara umum tentang thaharah. Namun tentunya kamu masih ingin tahu tentang thaharah dengan lebih detail lagi. Untuk itu, simak ya artikel ini sampai tuntas.

Selain dari pengertian tentang thaharah secara kalimat, kamu juga bisa memahami akan pengertian thaharah dari jenis thaharah yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan dan keadaan. Nah kami akan menjelaskannya sekarang ya.

Thaharah bisa dibagi menjadi dua.

Thaharah dengan air. Salah satu cara untuk bersuci atau thaharah adalah dengan air yang mengalir. Air yang digunakan untuk thaharah tentunya haruslah suci dan mensucikan. Dengan ukuran yang sudah ditentukan air akan menjadi masuk dalam kategori suci dan mensucikan. Dengan membasuh muka, tangan, rambut, kaki dan dibarengi dengan niat, akan menjadikan kamu suci dan boleh untuk beribadah.

Thaharah dengan debu atau tanah. Islam memberikan sebuah kemudahan atau toleransi untuk orang yang memiliki udzur dalam menggunkan air. Atau mungkin ada keadaan dimana sebuah  wilayah tidak memiliki air. Debu bisa menjadi media untuk thaharah. Dengan mengusapkan tanah atau debu ke wajah dan tangan dan dibarengi dengan niat, akan menjadikan kamu suci dan bisa untuk beribadah.

Nah bisa kita simpulkan adalah thaharah adalah bentuk pensucian diri dari najis sebelum beribadah. nah, tentunya dengan memahami akan thaharah ini, akan menjadikan kamu semakin faham akan ibadah yang sempurna dan sah.


Demikianlah yang dapat kami sampaikan tentang pengertian thaharah menurut para ahli. semoga dengan apa yang kami sampaikan bisa menjadi sebuah hal yang bermanfaat dan bisa menjadi sebuah materi yang bisa kamu bagikan untuk banyak orang yang juga penting untuk memahami akan arti dari thaharah. Dengan memahami akan thaharah akan menjadikan kamu mampu untuk mengetahui akan apa yang menjadi sah nya ibadah kamu.