Latest News

pengertian transaksi menurut para ahli

pengertian transaksi menurut para ahli. kata transaksi mungkin menjadi sebuah kata yang seakan terdengar sangat familiar. Namun transaksi memang menjadi sebuah hal yang terjadi dalam keseharian kita. Transaksi menjadi sebuah hal yang pasti ada dalam kehidupan seseorang. Entah transaksi jual beli, transaksi kreditan, dan transaksi lain nya yang menjadi sebuah bentuk dari transaksi. Kebanyakan orang hanya memahami akan penggambaran dari transaksi, tanpa tau apa yang menjadi sebuah pengertian transaksi. Untuk itu, apa sih yang menjadi sebuah pengertian dari transaksi? Untuk kamu yang belum mengetahui akan pengertian dari transaksi, kamu tidak perlu khawatir, karena dengan membaca artikel ini, akan menjadikan kamu memahami akan arti dari transaksi. Kami akan membahas tentang apa yang menjadi sebuah pemahaman tentang transaski. Kami akan membahas tentang pengertian transaksi secara jelas.


Transaksi adalah sebuah bentuk kegiatan dalam sebuah perusahaan yang dapat menimbulkan sebuah perubahan posisi keuangan perusahaan. Tentunya perubahan yang positif, dalam artian ada sebuah kenaikan dalam segi keuntungan dari keuangan yang diperoleh sebuah perusahaan. Dan bentuk dari kegiatan transaksi itu adalah menjual, membeli. Penggajian karyawan juga menjadi sebuah bentuk dari transaksi dalam sebuah perusahaan. Nah itu menjadi sebuah pengertian secara umum tentang transaksi. Namun selain dari bentuk dan pengertian secara umum tentang transaksi, kamu juga penting untuk memahami akan transaksi dengan lebih dalam lagi.

Selain dari pengertian transaksi yang penting untuk kamu fahami, kamu juga penting untuk memahami akan transaksi dari jenis transaksi yang ada.

Transaksi memiliki dua bagian.

1.      Transaksi internal. Transaksi internal adalah sebuah transaksi yang melibatkan bagian bagian yang ada dalam perusahaan dan lebih menekankan pada bagian keuangan yang menjadi inti atau jantung dari sebuah perusahaan. Transaksi internal menjadi sebuah bentuk laporan perusahaan pada bagian yang bersangkutan. Seperti halnya pelaporan piutang, alokasi beban, dan lain sebagainya.

2.      Transaksi eksternal. Transaksi ekternal adalah sebuah transaksi yang melibatkan pihak luar dari sebuah perusahaan atau badan. Seperti pembelian, penjualan dan pembayaran hutang perusahaan. Dan lain sebagainya.

Nah, itu menjadi sebuah bentuk pemahaman transaksi dengan jenis dari transaksi. Dengan pemahaman pengertian dan jenis dari transaksi, tentunya menjadikan kamu faham akan arti dari transaksi. Dengan pemahaman yang bagus tentang transaksi, tentunya akan menjadikan kamu mampu untuk memanfaatkan bentuk dari transaksi.


Demikian yang dapat kami sampaikan tentang pengertian transaksi menurut para ahli yang bisa menjadi sebuah ilmu dan wawasan yang bermanfaat untuk kamu. semoga dengan apa yang kami sampaikan terntang pengertian transaksi menurut para ahli bisa menjadi sebuah materi yang nantinya bisa kamu bagikan lagi untuk orang orang disekitar kamu yang juga penting untuk memahami akan arti dari transaksi.